3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Ikuti Acara Adat Minta Hujan

Kamis, 19 November 2020 15:15:52 - Oleh : admin - Dibaca : 42 kali

Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Ikuti Acara Adat Minta Hujan

Adat istiadat merupakan aturan atau tata kelakuan yang dihormati dan dipatuhi oleh masyarakat secara turun temurun yang dibuat untuk mengatur masyarakat di suatu daerah tertentu agar tercipta ketertiban.

Dalam rangka menghormati adat istiadat masyarakat setempat dan menjaga kelestarian budaya nasional Satgas Yonarmed 3/105 Tarik mengikuti acara tradisi adat minta hujan di tempat persembahan bersama warga Desa Nilulat.

Disampaikan Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik, Letkol Arm Laode Irwan Halim, S.I.P., M.Tr.(Han)., dalam rilis tertulisnya di Desa Nilulat, Kecamatan Bikomi Nilulat, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur. Kamis (19/11/2020). 

Dansatgas menerangkan, menjelang musim tanam tahun ini masyarakat sudah mulai menyiapkan ladangnya untuk diolah dan ditanami bersamaan dengan masuknya musim penghujan. Namun karena iklim yang tidak menentu, maka masyarakat setempat menyelenggarakan tradisi adat minta hujan sebab ladang sudah siap tanam.

"Tradisi ini mungkin asing bagi kami, tapi kami personel Satgas berkewajiban untuk menghormati semua tradisi dan adat istiadat yang berlaku di daerah ini karena prinsip kami adat itu diciptakan juga untuk menertibkan masyarakatnya. Kami akan selalu mengedepankan sikap toleransi dan saling menghargai dalam bertugas", ucapnya. 

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan tersebut dipimpin oleh Danpos Nilulat Sertu Iswandi bersama beberapa anggotanya bergabung dengan masyarakat Desa Nilulat mendukung terselenggaranya tradisi adat minta hujan.

"Maksud dan harapan masyarakat kami di Desa Nilulat menyelenggarakan kegiatan tradisi adat ini adalah agar segera turun hujan sehingga dapat menyirami dan mengairi ladang yang sudah ditanami. Ini merupakan kegiatan positif, sehingga tidak menghalangi kami ikut berpartisipasi dan mendukung kegiatan ini karena kami sudah jadi bagian dari masyarakat Nilulat itu sendiri," ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut Sekdes Nilulat Bapak Seferinus Fallow (41), Ketua Adat Desa Nilulat Bapak Beny Ofallow (70), serta 50 orang warga Desa Nilulat mengikuti tradisi adat minta hujan. Ketua Adat Desa Nilulat mengucapkan terimakasihnya atas dukungan Pos Nilulat Satgas Yonarmed 3/105 Tarik yang turut membantu terselenggaranya tradisi adat tersebut.

"Saya perwakilan warga Nilulat disini sangat berterimakasih kepada bapak TNI dari Pos yang ikut hadir dan membantu melancarkan acara kami, semoga apa yang selama ini bapak TNI bantu dapat dibalas kebaikannya oleh Tuhan," jelasnya. 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 8 Oktober 2020
Panglima TNI dan Kapolri Raih Penghargaan Tokoh Publik Indonesia Award 2020
Kamis, 6 Agustus 2020
Satgas TNI Bantu Evakuasi Korban Ledakan di Lebanon
Jum`at, 26 Juni 2020
Panglima Dukung BP2MI Perangi Sindikasi Pengiriman TKI Ilegal
Rabu, 10 Juni 2020
Ditemani Panglima TNI-Kapolri, Jokowi Olahraga di Istana Bogor Pagi Tadi
Jum`at, 6 Maret 2020
Panglima TNI Meninjau Kontainer Medik Udara TNI AU dan Unit Bedah Lapangan