3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Tim Survei Pusinfomar TNI ke MCC, IMSS dan SPKKL Bakamla Tarakan Guna Meningkatkan Kerjasama, Koordinasi dan Berbagi Informasi Kemaritiman

Jum`at, 20 November 2020 13:23:13 - Oleh : admin - Dibaca : 59 kali

Tim Survei Pusinfomar TNI ke MCC, IMSS dan SPKKL Bakamla Tarakan Guna Meningkatkan Kerjasama, Koordinasi dan Berbagi Informasi Kemaritiman

Pusat Informasi Maritim TNI (Pusinfomar TNI) melaksanakan survei ke Maritime Command Center Tarakan (MCC Tarakan), Integrated Maritime Surveillance System (IMSS) dan Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Bakamla dalam upaya meningkatkan kerjasama, koordinasi dan berbagi informasi antara Pusinfomar TNI dan instansi maritim terkait. MCC Tarakan memiliki tugas memberikan data secara tepat, cepat dan akurat serta berbagi informasi antar MCC ketiga negara (Indonesia, Malaysia dan Filipina) dalam Trilateral Indomalphi guna melaksanakan pencegahan, penindakan dan penanggulangan oleh tim satuan tugas operasi Indomalphi yang diperlukan untuk mengatasi persoalan keamanan di perairan yang menjadi perhatian bersama (Maritime Area of Common Concern) dalam kurun waktu 120 hari dalam setahun. Tim survei Pusinfomar TNI dipimpin oleh Kabid Analisa Data, Kolonel Laut (P) Widya Poerwandanu, M.Tr.Hanla., S.E. mewakili Kapusinfomar TNI Laksamana Pertama TNI Andi Abdul Aziz, SH., MM. Sambutan kedatangan diterima langsung secara hangat oleh Wadan Lantamal XIII Tarakan, Kolonel Marinir Nur Aziz.Selanjutnya dalam kunjungan ke MCC Tarakan diterima oleh Asisten Operasi Lantamal XIII Tarakan, Kolonel Laut (P} Yosafat Indarto, S.T. dan Komandan Satuan Patroli Lantamal XIII Tarakan, Kolonel Laut (P) Widiyatmoko Baruno Aji, S.H. beserta staff dilanjutkan penjelasan seputar fungsi, tugas dan tanggung jawab MCC Tarakan dalam pengoperasian dan administrasi. 

Kapusinfomar TNI Laksamana Pertama TNI Andi Abdul Aziz, SH., MM memberikan sambutan balasan yang diwakili oleh Kabid Analisa Data, Kolonel Laut (P) Widya Poerwandanu, M.Tr.Hanla., S.E. selaku Ketua Tim survei ke MCC Tarakan menyampaikan, memberi penekanan bahwa pentingnya kolaborasi instansi maritim terkait untuk berkesinambungan berbagi informasi agar efektifitas, kemampuan deteksi dan pendayagunaan alutsista yang ada dalam operasi Indomalphi dapat optimal untuk upaya keamanan dan pertahanan negara di laut.

Dalam kesempatan yang berbeda pada kunjungan ke IMSS dan SPKKL Bakamla selalu menyampaikan terkait tugas pokok Pusinfomar TNI dan siap sedia memberikan dan menerima data dan informasi yang dibutuhkan di satuan tugas pusat kendali dan operasi tersebut.

Adapun kemungkinan penjajakan link data dan pantauan dari MCC, IMSS dan SPKKL Bakamla Tarakan ke Pusinfomar TNI  dan sebaliknya, dapat menjadi suatu terobosan yang dapat dimaksimalkan untuk kepentingan pertahanan negara dan memungkinkan secara dini melaksanakan penindakan terhadap pelanggar kedaulatan, kejahatan dan kecelakaan di laut. Dalam setiap kegiatan kunjungan ke tiga tempat tersebut, tim pengawak/operator MCC, IMSS dan SPKKL Bakamla Tarakan mengoperasionalkan secara langsung di ruang komando dan kendalinya masing-masing untuk pendeteksian dan pengawasan kapal-kapal asing dan nasional yang berada dalam wilayah tugasnya.

Operasi terintegrasi Indomalphi memiliki peranan penting dalam menegakkan hukum dan kedaulatan suatu bangsa di laut bagi masing-masing negara tersebut. Hal yang paling penting lainnya adalah dengan adanya tindak terorisme di laut terhadap kapal-kapal yang melintasi Laut Sulu Filipina dan sekitarnya oleh kelompok separatis bersenjata seperti Abu Sayyaf group agar dapat di minimalisir dan ditangkal dengan tepat, cepat dan akurat karena dapat mengganggu kestabilan keamanan laut di kawasan nasional, regional dan global.

 

 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 8 Oktober 2020
Panglima TNI dan Kapolri Raih Penghargaan Tokoh Publik Indonesia Award 2020
Kamis, 6 Agustus 2020
Satgas TNI Bantu Evakuasi Korban Ledakan di Lebanon
Jum`at, 26 Juni 2020
Panglima Dukung BP2MI Perangi Sindikasi Pengiriman TKI Ilegal
Rabu, 10 Juni 2020
Ditemani Panglima TNI-Kapolri, Jokowi Olahraga di Istana Bogor Pagi Tadi
Jum`at, 6 Maret 2020
Panglima TNI Meninjau Kontainer Medik Udara TNI AU dan Unit Bedah Lapangan