3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Berikan Penghormatan Terakhir, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Makamkan Pejuang Kemerdekaan RI

Selasa, 29 Desember 2020 14:15:15 - Oleh : admin - Dibaca : 22 kali

Berikan Penghormatan Terakhir, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Makamkan Pejuang Kemerdekaan RI

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya", kata Bung Karno pada Hari Pahlawan, 10 November 1961. Slogan tersebut menggambarkan betapa sebuah keharusan bagi kita Bangsa Indonesia untuk mengenang serta menghargai jasa para pejuang yang telah mati-matian mempertahankan kedaulatan NKRI dari tangan penjajah sehingga jerih payah perjuangan mereka bisa kita nikmati seperti sekarang.

Untuk memberikan penghormatan terakhir, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik membantu proses pemakaman Alm. Bapak Petrus Fahik Bere (77) dengan secara militer yang dipimpin langsung Letda Arm Paulus Willem Septinus Sumbari selaku Danpos Auren. Hal tersebut sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan jasa Alm. Bapak Petrus yang merupakan pejuang kemerdekaan Republik Indonesia dan tercatat sebagai anggota Veteran Republik Indonesia yang berasal dari Desa Alas Selatan, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Ditegaskan Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik, Letkol Arm Laode Irwan Halim, S.I.P.,M.Tr.(Han)., bahwa upacara militer yang dilaksanakan ini merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan kepada almarhum atas jasa-jasanya selama masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Walaupun demikian sebagai manusia biasa, kepergian almarhum yang kita cintai tentunya tidak luput dari rasa duka yang mendalam. 

"Rasa haru atas kepergian beliau kami rasakan mulai dari proses penggalian, pemberangkatan, hingga pemakaman. sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada almarhum, segenap jajaran Satgas Yonarmed 3/105 Tarik mengucapkan turut berbela sungkawa yang sebesar-besarnya dan kami juga berterimakasih kepada Alm. Petrus Fahik Bere atas jasa-jasa selama berjuang untuk kedaulatan negara ini serta kepada seluruh lapisan masyarakat yang terlibat langsung prosesi pemakaman sehingga dapat berjalan dengan tertib dan lancar," ucap Dansatgas. 

Pada kesempatan ini juga, Danpos Auren mewakili Dansatgas menyatakan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya kepada keluarga almarhum sembari memanjatkan doa. Tangis duka yang mendalam Bp. Antonius Bere (34) selaku anak almarhum menuturkan banyak terimakasih kepada Satgas Yonarmed 3/105 Tarik karena sudah memberikan apresiasi yang sangat luar biasa. 

"Saya mewakili keluarga besar yang ada di rumah ini mengucapkan rasa syukur dan terimakasih kepada Satgas karena telah memberikan proses pemakaman yang layak serta bantuan dalam penghormatan terakhir pada bapak," ungkapnya. 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 23 Juli 2021
Panglima TNI Serahkan Bantuan Tabung Oksigen dan Alkes kepada Masyarakat Papua
Selasa, 8 Juni 2021
Pekuat Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro di Daerah, Tim Gabungan TNI dan Polri Dilibatkan
Kamis, 27 Mei 2021
Panglima TNI dan Kapolri Kembali Kunjungi Papua
Selasa, 27 April 2021
Panglima TNI Sambut Kedatangan Jenazah Kabinda Papua di Bandara
Selasa, 27 April 2021
TNI Sudah Siap Tumpas KKB, Tinggal Tunggu Keputusan Politik