3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Tim SFQR Lanal Nunukan amankan belasan karung miras ilegal asal Malaysia

Minggu, 10 Januari 2021 19:03:26 - Oleh : admin - Dibaca : 51 kali

Tim SFQR Lanal Nunukan amankan belasan karung miras ilegal asal Malaysia

TARAKAN - Pangkalan TNI AL (Lanal) Nunukan merupakan Lanal dibawah jajaran Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) Tarakan yang berkedudukan di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Pada Sabtu malam (09/01/21), Tim Second Fleet Quick Response (SFQR) Lanal Nunukan mengamankan belasan karung berisi Minuman Keras (Miras) ilegal asal Malaysia yang dimuat di sebuah speedboat tepatnya di perairan Sungai Nyamuk, Nunukan, Kalimantan Utara.


 Speed boat berbahan viber dengan warna hitam, bermesin 40 PK tersebut tanpa diawaki oleh motoris dan Anak Buah Kapal (ABK), diduga kuat mereka kabur melarikan diri usai melihat kapal patroli Lanal Nunukan, sehingga motoris dan ABK tidak ikut diamankan.


Komandan Lanal Nunukan Letkol Laut (P) Nonot Eko Febrianto mengungkapkan bahwa, speed boat tersebut saat ini tengah diproses di Markas Komando (Mako) Lanal Nunukan. ‘'Kasusnya sedang dalam penyelidikan lebih lanjut, kita hanya temukan speed boat berisi Miras asal Malaysia yang menjadi muatannya, sedangkan Motoris dan ABK melompat ke kapal lain dan kabur", terang Danlanal Nunukan, Minggu (10/1/2021).


Beliau juga mengungkapkan, pengungkapan kasus bermula saat kapal sea rider melakukan patroli dan pemantauan di jalur perairan perbatasan RI - Malaysia pada Sabtu malam sekitar pukul 21.00 wita. Sekitar satu jam kemudian, terlihat dua speed boad melaju beriringan dari arah Tawau Malaysia. ‘'Dalam jarak yang masih cukup jauh, mereka sepertinya melihat keberadaan kapal patroli kami, sehingga motoris speed boat yang memuat Miras melompat ke speed boat satunya dan langsung tancap gas menjauh. Diduga kuat, barang haram tersebut tujuannya ke Sebatik, kita masih lakukan penyelidikan untuk kasus ini,''' imbuhnya.


Kejanggalan tersebut menimbulkan kecurigaan petugas, sehingga mereka bergerak dan langsung memeriksa speed boat yang ditinggalkan. Kondisi malam hari dan visibility terbatas karena gelap akan mempengaruhi pengejaran, sehingga petugas memilih melakukan penelusuran dari speed boat yang ditinggalkan daripada mengejar motoris dan ABK. Adapun barang bukti yang diamankan berupa 15 karung berisi miras illegal asal Malaysia dengan jumlah 360 botol, dengan merk Black Jak's dan R & B Likeur. 

Smiley face
 
Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Selasa, 1 Desember 2020
Baliho Sinergi Untuk Negeri
Jum`at, 16 Oktober 2020
Edutainment WEBINAR Pasis Dikreg XLVII Sesko TNI
Kamis, 1 Oktober 2020
Lomba Essai Pelajar Indonesia
Kamis, 1 Oktober 2020
Lomba Vlog Sesko TNI 47
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 8 Oktober 2020
Panglima TNI dan Kapolri Raih Penghargaan Tokoh Publik Indonesia Award 2020
Kamis, 6 Agustus 2020
Satgas TNI Bantu Evakuasi Korban Ledakan di Lebanon
Jum`at, 26 Juni 2020
Panglima Dukung BP2MI Perangi Sindikasi Pengiriman TKI Ilegal
Rabu, 10 Juni 2020
Ditemani Panglima TNI-Kapolri, Jokowi Olahraga di Istana Bogor Pagi Tadi
Jum`at, 6 Maret 2020
Panglima TNI Meninjau Kontainer Medik Udara TNI AU dan Unit Bedah Lapangan