3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Pentingnya Apel Pagi Bagi Seorang Pegawai

Jum`at, 15 Januari 2021 14:50:55 - Oleh : admin - Dibaca : 83 kali

Pentingnya Apel Pagi Bagi Seorang Pegawai

 

Kegiatan orientasi pagi CPNS Pemda Wonosobo memasuki hari terakhir,  salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah pelatihan apel bagi.  Dalam kesempatan tersebut Pelda Sutardi Bintara Staf Operasi melatih tata cara apel pagi yang benar dan apa manfaat dari apel tersebut, Jumat (15/1).

Pelda Sutardi menyampaikan, apel pagi jangan dianggap sebagai hal yang rutinitas saja, membuang waktu atau sekedar mengikuti aturan saja. Manfaat apel pagi banyak sekali seperti  sebagai pusat informasi.  walaupun waktu singkat ini dapat dipakai untuk menyampaikan informasi-informasi penting berkaitan dengan instansi. Para pegawai di setiap instansi seharusnya terus-menerus tahu dan mengerti perihal berbagai informasi terkait instansinya. Dan momen apel adalah salah satu kesempatan yang bagus untuk itu. Inilah saat waktu untuk mengup-date informasi instansi.

Dengan apel pagi dimaksudkan untuk membentuk perilaku disiplin sekaligus meningkatkan budaya kerja, bersih dan sikap positif dari seluruh pegawai. Dengan seringnya pelaksanaan apel pagi tersebut, pihaknya mengajak seluruh pegawai   untuk mengetahui tingkat kedisiplinan, kesadaran nasional, tanggung jawab, dan pengabdian sebagai aparatur pemerintah masing-masing.

Harus disadari, bahwa Apel pagi yang diselenggarakan secara rutin dan teratur, bukan sekedar memenuhi kewajiban belaka. Tetapi lebih dari pada itu untuk membentuk sikap perilaku disiplin, kegiatan apel mempunyai nilai yang sangat strategis dalam rangka membina dan mengembangkan sekaligus meningkatkan budaya kerja, bersih dan sikap positif dari seluruh pegawai,"  

Lebih lanjut disampaikan  Pelda Sutardi bahwa apel pagi sebagai tempat pengecekan jumlah personil yang hadir dan juga sebagai pengecekan kesiapan pegawai untuk menerima perintah. Tanpa ada apel pagi seorang pimpinan tidak akan  mengetahui secara langsung apakah anggotanya ada yang tidak masuk atau tidak. Dan juga sebagai sarana silaturahmi antar pegawai.  Sebuah instansi pasti banyak staf, kadang lokasi berjauhan, tugas berbeda - beda sehingga untuk bertemu sangatlah sulit, dengan adanya apel pagi secara bersama maka disitulah kita akan bisa saling ketemu untuk sekedar tukar infomasi dan saling silaturami. Dan masih banyak lagi manfaat yang bisa dirasakan.  Untuk itu penekanannya janganlah apel pagi menjadi sebuah beban atau momok akan tetapi lihatlah manfaat yang bisa diperolehnya.

 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Kamis, 4 Maret 2021
Backdrop Rakorter TNI 2021
Rabu, 3 Maret 2021
Rakornispen TNI 2021
Rabu, 3 Februari 2021
Backdrop Rapim TNI-Polri 2021
Selasa, 1 Desember 2020
Baliho Sinergi Untuk Negeri
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 26 Februari 2021
Panglima TNI Virtual Call dengan Pangab Diraja Brunei Darussalam
Senin, 22 Februari 2021
Kunjungi Poso, Panglima TNI Dan Kapolri Tinjau Kesiapan Satgas Mandago Raya
Kamis, 18 Februari 2021
TNI Beri Dukungan Penuh WAR ON DRUGS Dari Darat, Laut Dan Udara
Selasa, 16 Februari 2021
Rapim TNI-Polri 2021, Panglima TNI Bahas PPKM Skala Mikro di Jawa-Bali
Kamis, 8 Oktober 2020
Panglima TNI dan Kapolri Raih Penghargaan Tokoh Publik Indonesia Award 2020