3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Cegah Pelanggaran, Yonbekpal 2 Mar Pasmar 2 Adakan Penyuluhan Hukum

Jum`at, 15 Januari 2021 14:53:19 - Oleh : admin - Dibaca : 52 kali

Cegah Pelanggaran, Yonbekpal 2 Mar Pasmar 2 Adakan Penyuluhan Hukum

 

Disiplin terhadap hukum merupakan sikap mental yang mencerminkan kepatuhan, ketaatan, kesungguhan dan konsekwensi kepada peraturan tata tertib dengan dilandasi kesadaran untuk berbuat sesuai tuntutan peraturan yang ada.

Tanpa didasari sikap disiplin, prajurit hanya merupakan gerombolan bersenjata yang dapat membahayakan keamanan negara dan bangsa,  demikian disampaikan oleh Kepala Seksi Hukum (Kasikum) Menbanpur 2 Mar Mayor Laut (P) Robert Sandja Kartika, S.H., M.H. saat memberikan penyuluhan hukum kepada prajurit Yonbekpal 2 Mar yang bertempat di Gedung Serbaguna Yonbekpal 2 Mar, Kesatrian Soetedi Senaputra, Karangpilang, Surabaya, Jumat (15/01/2021).

Pada kesempatan tersebut Kasikum Menbanpur 2 Mar menyampaikan beberapa materi diantaranya tentang tindak pidana Desersi, tindak pidana Asusila, Narkotika, dan LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender) yang marak terjadi dilingkungan TNI.

Sebagai anggota TNI wajib mematuhi segala peraturan hukum yang berlaku di negara ini, hukuman diberikan kepada prajurit TNI yang melanggar hukum sebagai bentuk penegakan disiplin serta peringatan kepada prajurit TNI lainnya yang harus dipegang teguh agar tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran baik disiplin maupun pidana. Tidak ada prajurit TNI yang kebal hukum atau tidak mengikuti peraturan yang  berlaku, karena status anggota TNI dan warga sipil adalah sama dihadapan hukum.

Sementara itu Komandan Yonbekpal 2 Mar Mayor Marinir Hendro Wijiantoro, S.H., M.Tr. Opsla, menjelaskan tujuan dari diadakan kegiatan ini agar para prajurit lebih menyelami dan memahami kehidupan sebagai prajurit Matra Laut yang taat hukum sesuai PUDD khas TNI AL baik di Satuan maupun di tengah-tengah keluarga, sehingga dengan cara itu bisa mengurangi pelanggaran disiplin maupun pidana.

"Jika ada prajurit Yonbekpal 2 Mar yang punya permasalahan dengan hukum jangan ragu-ragu menghubungi Seksi Hukum (Sikum) Menbanpur 2 Mar, karena bantuan hukum bagi anggota TNI adalah salah satu bentuk kesejahteraan." Tegas putra kelahiran kota Pasuruan ini.

 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Kamis, 4 Maret 2021
Backdrop Rakorter TNI 2021
Rabu, 3 Maret 2021
Rakornispen TNI 2021
Rabu, 3 Februari 2021
Backdrop Rapim TNI-Polri 2021
Selasa, 1 Desember 2020
Baliho Sinergi Untuk Negeri
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 26 Februari 2021
Panglima TNI Virtual Call dengan Pangab Diraja Brunei Darussalam
Senin, 22 Februari 2021
Kunjungi Poso, Panglima TNI Dan Kapolri Tinjau Kesiapan Satgas Mandago Raya
Kamis, 18 Februari 2021
TNI Beri Dukungan Penuh WAR ON DRUGS Dari Darat, Laut Dan Udara
Selasa, 16 Februari 2021
Rapim TNI-Polri 2021, Panglima TNI Bahas PPKM Skala Mikro di Jawa-Bali
Kamis, 8 Oktober 2020
Panglima TNI dan Kapolri Raih Penghargaan Tokoh Publik Indonesia Award 2020