3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Gubernur AAL Hadiri Wisuda Mahasiswa ASRO dan D3 STTAL

Senin, 18 Januari 2021 15:37:56 - Oleh : admin - Dibaca : 109 kali

Gubernur AAL Hadiri Wisuda Mahasiswa ASRO dan D3 STTAL

Gubernur Akademi Angkatan Laut (Gubernur AAL) Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han)  menghadiri Upacara Sidang Terbuka Senat Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) yang dipimpin Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M, Senin (18/1).

Wakasal mewakili Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. menutup dan mewisuda mahasiswa Program Pascasarjana Angkatan ke-6 dan Diploma Angkatan ke-13 Mahasiswa STTAL tahun 2021 di Gedung Marore STTAL, Bumimoro, Surabaya.

Dari 58 wisudawan, 18 perwira program  S-2 Analisis Sistem dan Riset Operasi (ASRO) Angkatan VI menyandang gelar Magister Teknik dan 40 bintara wisudawan D3 Angkatan XIII, masing-masing dari Prodi D3 Teknik Mesin 9 orang, Teknik Elektronika 8 orang, Teknik Informatika 11 orang dan Prodi D3 Hidro Oseanografi 12 orang.

Wisudawan terbaik Prodi S2 ASRO diraih Mayor Laut (P) Tunang Arimbo dengan IPK 3.53 memperoleh penghargaan Vidya Adhiguna, sedangkan dari Prodi D3 diraih Sertu Ttu Febry Bintanio dari Prodi D3 Hidro Oseanografi dengan IPK 3.45.

Kasal dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakasal mengatakan, STTAL sebagai pusat unggulan riset teknologi Alutsista keangkatanlautan harus mampu memicu dan memacu para dosen dan mahasiswa dalam berinovasi dalam penelitian, pengembangan dan perekayasaan (Litbangyasa) sehingga diharapkan nantinya dapat mendukung tercapainya kemandirian teknologi Alutsista TNI Angkatan Laut.

"Produk Litbangyasa hasil kerja keras para dosen dan mahasiswa STTAL harus bersifat aplikatif dan langsung menyentuh pada kebutuhan TNI dan TNI Angkatan Laut," kata Kasal.

Kasal juga menyampaikan bahwa STTAL perlu menyusun sebuah roadmap yang berdasarkan pada pemecahan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh TNI dan TNI Angkatan Laut.

Sinergitas antar stakeholder terkait dalam Litbangyasa perlu ditingkatkan untuk menghasilkan produk-produk Litbangyasa yang berkualitas tinggi dan secara langsung berkontribusi mendukung percepatan kemandirian teknologi Alusista.

"Wisuda bukanlah akhir dari segalanya, tetapi justru awal dari penerapan ilmu yang didapat selama masa belajar," pesan Kasal kepada wisudawan.

Salah satu produk unggulan lulusan STTAL tahun 2021 ini adalah Rancang Bangun Tactical Unmand Ground Vehicle (UGV), yaitu kendaraan dengan penggerak rantai yang dikendalikan jarak jauh (wireless).

Tujuan dari pembuatan kendaraan ini adalah sebagai penunjang dalam penugasan TNI AL, salah satu kemampuannya adalah dapat sebagai pengintai dan pengamanan bahan peledak.

Produk unggulan lainnya yakni Rancang Bangun Simulasi Penembakkan Meriam 20 mm di KRI, Prototype Unmanned Grenade Tamer dengan kendali wireless serta rancang bangun Cone Explosive sebagai senjata tempur dasar laut dengan sistem firing device berbasis microcontroller Arduino dan Lora.

Kegiatan ini juga dihadiri pejabat utama Mabesal, Pemimpin Kotama TNI AL Wilayah Barat dan Timur, Jalasenastri serta jajaran Civitas Akademika STTAL secara offline dan online dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19.

 

 

 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Kamis, 4 Maret 2021
Backdrop Rakorter TNI 2021
Rabu, 3 Maret 2021
Rakornispen TNI 2021
Rabu, 3 Februari 2021
Backdrop Rapim TNI-Polri 2021
Selasa, 1 Desember 2020
Baliho Sinergi Untuk Negeri
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 26 Februari 2021
Panglima TNI Virtual Call dengan Pangab Diraja Brunei Darussalam
Senin, 22 Februari 2021
Kunjungi Poso, Panglima TNI Dan Kapolri Tinjau Kesiapan Satgas Mandago Raya
Kamis, 18 Februari 2021
TNI Beri Dukungan Penuh WAR ON DRUGS Dari Darat, Laut Dan Udara
Selasa, 16 Februari 2021
Rapim TNI-Polri 2021, Panglima TNI Bahas PPKM Skala Mikro di Jawa-Bali
Kamis, 8 Oktober 2020
Panglima TNI dan Kapolri Raih Penghargaan Tokoh Publik Indonesia Award 2020