3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Wadanseskoau : Analisis CoG Tentukan Kemenangan Perang

Senin, 8 Februari 2021 13:20:55 - Oleh : admin - Dibaca : 69 kali

Wadanseskoau : Analisis CoG Tentukan Kemenangan Perang

Strategi perang merupakan bagian dari tujuan perang yaitu memenangkan peperangan, di mana sebuah operasi militer baik dulu maupun saat ini memerlukan upaya yang sangat besar sehingga memerlukan perencanaan yang efektif dan efisien sebagai langkah awal penentuan Center of Gravity (CoG) secara tepat guna memenangkan peperangan.

Hal tersebut disampaikan Wadan Seskoau Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, S.T., M.M., pada saat mengajar Pasis Seskoau A-58 di Gedung Widya Mandala I, Seskoau, Lembang, Jumat (5/2/2021). Lebih lanjut disampaikan "Untuk itu, kesempatan ini kita gunakan untuk bersama-sama menganalisa strategi CoG," ujarnya.

Secara global, Wadanseskoau menjelaskan bahwa CoG adalah pusat keseimbangan yang didalamnya terdapat kekuatan sekaligus kerawanan atau dapat dikatakan sumber kemampuan berasal. CoG pertama kali dikembangkan oleh Sun Tzu dan Carl Von Clausewitz dari sejarah perang yang memuat seni perang dengan segala strateginya.

Dijelaskan CoG menurut Sun Tzu merupakan pusat kekuatan yang harus diserang terlebih dahulu secara efektif dan efisien. "Disinilah peran pemimpin yang memiliki pemikiran strategis sangat diperlukan guna menyusun siasat perang dengan cermat, karena pemimpin perang adalah pengawal negara, jika pengawal negara kuat maka negara akan kuat," tegasnya.

Sedangkan CoG menurut Clausewitz dijelaskan dengan istilah critical capability atau kemampuan kritis dengan prinsip apabila menyerang dengan kekuatan dan strategi yang matang maka kekuatan musuh akan kehilangan keseimbangan. Melalui teori ini dijelaskan bahwa CoG bukanlah sumber kekuatan melainkan suatu faktor keseimbangan.

Mengenai CoG, Wadanseskoau berharap Pasis Seskoau Angkatan Ke-58 dapat menentukan dan mengenali CoG itu sendiri yang nantinya akan sangat membantu agar lebih tepat menentukan upaya yang lebih baik dalam menjamin kelangsungan dan melindungi CoG itu. Dengan mengenalinya, maka pemahaman akan CoG akan menuntun untuk lebih teliti dan jeli terhadap kemampuan atau kelemahan diri sendiri maupun pihak lawan, kemungkinan ancaman yang ada datang, sumber daya yang harus dipergunakan, dan jenis operasi yang dipergunakan agar berdaya hasil secara efektif dan efisien.

 

Smiley face
 
Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Kamis, 4 Maret 2021
Backdrop Rakorter TNI 2021
Rabu, 3 Maret 2021
Rakornispen TNI 2021
Rabu, 3 Februari 2021
Backdrop Rapim TNI-Polri 2021
Selasa, 1 Desember 2020
Baliho Sinergi Untuk Negeri
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 26 Februari 2021
Panglima TNI Virtual Call dengan Pangab Diraja Brunei Darussalam
Senin, 22 Februari 2021
Kunjungi Poso, Panglima TNI Dan Kapolri Tinjau Kesiapan Satgas Mandago Raya
Kamis, 18 Februari 2021
TNI Beri Dukungan Penuh WAR ON DRUGS Dari Darat, Laut Dan Udara
Selasa, 16 Februari 2021
Rapim TNI-Polri 2021, Panglima TNI Bahas PPKM Skala Mikro di Jawa-Bali
Kamis, 8 Oktober 2020
Panglima TNI dan Kapolri Raih Penghargaan Tokoh Publik Indonesia Award 2020