3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Tim SAR Lanal Tegal Berlatih Bersama Dengan Anggota Kodim 0712 Dan Polres Tegal

Jum`at, 5 Maret 2021 12:00:52 - Oleh : admin - Dibaca : 100 kali

Tim SAR Lanal Tegal Berlatih Bersama Dengan Anggota  Kodim 0712 Dan Polres Tegal

Pelatihan SAR Air antara anggota Pangkalan TNI AL Tegal (Lanal Tegal) Kodim 0712 dan Polres Tegal dilaksanakan dengan mengambil tempat di Obyek Wisata Purwa Hamba Indah Kecamatan Suradadi KabupatenTegal. Pelatihan Search And Rescue (SAR) antara TNI dan Polri dalam rangka menyiapkan kemampuan dan bekal ilmu Rescue bila sewaktu waktu di butuhkan dan sebagai kebersamaan sinergitas dalam koordinasi. Sebelum melaksanakan kegiatan terlebih dahulu peserta latihan  melaksanakan apel dan mendapatkan arahan dari Kapolres Tegal. Rabu (3/3)

Kegiatan dalam peningkatan kemampuan TNI dan Polri ini dengan memperagakan materi dan pengenalan alat peraga SAR. Kegiatan pelatihan dipimpin oleh Paspotmar Lanal Tegal Kapten Mar Amat Safii dengan melaksanakan pembekalan pemberian Teori/materi latihan SAR pada proses evakuasi warga yg terjebak banjir, evakuasi korban tenggelam akibat banjir menuju daratan, Pemberian pertolongan pertama terhadap korban dan evakuasi korban menuju rumah sakit terdekat.

Selain dari pelatihan bekal materi ilmu Rescue  adalah agar meningkatkan kemampuan tanggap bencana yang sewaktu - waktu akan datang tanpa kita sadari, sehingga kedepannya kapanpun dibutuhkan semuanya dalam keadaan tanggap dan siap.

Pada kegiatan latihan ini di hadiri oleh Danlanal Tegal Letkol Mar Ridwan Azis, M.Tr. Hanla., CHRMP, Kapolres Tegal AKBP M. Iqbal Simatupang, S.I.K.,  Kasdim Mayor Cba Eko Budi S, Kabag Ops Polres Tegal Kompol Aries dan Paspotmar Lanal Tegal Kapten Mar Amat Safii.

Danlanal Tegal Letkol Mar.Ridwan Azis, M.Tr.Hanla., CHRMP menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini sangat bagus dan harus rutin terprogram pelaksanaanya. Hal ini agar selalu terbina dan mampu untuk memberikan pertolongan yang baik di lapangan nantinya. Bencana alam baik itu gempa bumi, banjir dan lain sebagainya bisa saja terjadi kapanpun hingga menimbulkan banyak kerugian maupun korban jiwa yang dapat berlangsung berhari - hari. Kerja sama TNI - Polri haruslah solid dan searah dengan penanganan saat bencana dan pertolongan pertamanya. Saya sangat apresiasi kegiatan seperti ini karena sangat positif manfaatnya. Apabila nanti dilain waktu jika nanti Lanal Tegal yang bertindak sebagai tuan rumah kita langsung terjun Latihan di Laut. Sejatinya kita ini sama walaupun baju kelihatan berbeda, tunjukan bahwa kita bersinergi dan kompak.

Danlanal Tegal berharap kepada semuanya harus memiliki satu wawasan dan kemampuan jika suatu saat dibutuhkan dalam menghadapi kondisi yang membutuhkan kemampuan SAR kedepannya. Semoga kerjasama yang sudah terbina ini bisa terus ditingkatkan utamanya dalam hal berbagi informasi teknologi dan kemampuan serta semua selalu kompak bersama dan mampu melaksanakan tugas atas permintaan pemerintah daerah bila di perlukan. Semoga apa yang kita dapat ilmu dalam pelatihan ini akan berguna dengan baik. "Ucapnya".

Kegiatan Latihan SAR bersama TNI - POLRI selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yaitu Jaga soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan.

 

 

Smiley face
 
Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Kamis, 4 Maret 2021
Backdrop Rakorter TNI 2021
Rabu, 3 Maret 2021
Rakornispen TNI 2021
Rabu, 3 Februari 2021
Backdrop Rapim TNI-Polri 2021
Selasa, 1 Desember 2020
Baliho Sinergi Untuk Negeri
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 26 Februari 2021
Panglima TNI Virtual Call dengan Pangab Diraja Brunei Darussalam
Senin, 22 Februari 2021
Kunjungi Poso, Panglima TNI Dan Kapolri Tinjau Kesiapan Satgas Mandago Raya
Kamis, 18 Februari 2021
TNI Beri Dukungan Penuh WAR ON DRUGS Dari Darat, Laut Dan Udara
Selasa, 16 Februari 2021
Rapim TNI-Polri 2021, Panglima TNI Bahas PPKM Skala Mikro di Jawa-Bali
Kamis, 8 Oktober 2020
Panglima TNI dan Kapolri Raih Penghargaan Tokoh Publik Indonesia Award 2020