3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Pelihara Integritas dan Kedaulatan Wilayah Udara Nasional, Kosekhanudnas I Gelar Latihan Cakra “A-21”

Kamis, 15 April 2021 10:50:05 - Oleh : admin - Dibaca : 20 kali

Pelihara Integritas dan Kedaulatan Wilayah Udara Nasional, Kosekhanudnas I Gelar Latihan Cakra “A-21”

Panglima Kosekhanudnas (Pangkosekhanudnas) I, Marsma TNI Djoko Tjahjono., S.E., M. M.,  selaku Direktur Latihan (Dirlat), membuka secara virtual Latihan Pertahanan Udara (Hanud) "Cakra A-21" di ruang Yudha Posek Kosekhanudnas I, Jakarta, Rabu (14/4/2021).

Didampingi Asops selaku Wadirlat dan Aslintel Kosekhanudnas I,  Pangkosekhanudnas I dalam sambutan membuka latihan mengatakan latihan Hanud "Cakra A-21" yang melibatkan kekuatan meliputi personel, alut sista, serta fasilitas dan sarana pendukung, tidak akan  berhasil bila tidak diimbangi dengan kesungguhan hati dari seluruh peserta latihan dalam mengerjakan tugas masing-masing.

Karenanya ditekankan oleh Pangkosekhanudnas I kepada seluruh pelaku latihan untuk melaksanakan latihan dengan baik, mengutamakan faktor keamanan dan memperhatikan weather minimal di wilayah Iswahjudi, Supadio, Halim Perdanakusuma dan daerah latihan lainnya, juga keseriusan dalam berlatih baik unsur TS, Bulsy maupun GCI (Ground Control Interception) agar tujuan latihan Cakra "A-21" dapat tercapai.

Latihan yang akan berlangsung selama 2 hari ini, melibatkan Unsur Satuan Radar, GCI, Tempur Sergap, Unsur Transport, Denhanud 471 Paskhas, Heli SAR, MCC dan Koopsau I beserta jajaran, Latihan "Cakra A-21" TA 2021 ini dimaksudkan untuk menguji kemampuan personel GCI (Ground Control Interception) di Satuan Radar jajaran Kosekhanudnas I dalam pengendalian penyergapan pesawat musuh oleh pesawat Tempur Sergap kawan dalam pengamanan Wilayah Udara oleh Unsur Hanud serta penguasaan protap Operasi Hanud.  Diharapkan pula melalui latihan ini teruji kesiapsiagaaan para penerbang Tempur Sergap dalam menghadapi kondisi kontijensi.

Dalam latihan ini, kesiapsiagaan para penerbang tempur dan ground crew dilatih untuk memiliki kemampuan scramble, kemampuan komunikasi antar Unsur Hanud, dan kemampuan menterjemahkan perintah pimpinan melalui jalur Komando Pengendalian (Kodal) yang telah ditentukan sehingga kegiatan Operasi Pertahanan Udara dapat berjalan sesuai Protap Operasi Hanud.

Diharapkan Pangkosekhanudnas I, seluruh pelaku Latihan "Cakra A-21" baik Hanud Aktif maupun Hanud Pasif, seriuas dalam melaksanakan setiap tahapan latihan  sesuai protap dan skenario dengan memperhatikan keamanan dan keselamatan juga cuaca minimum.

Smiley face
 
Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Kamis, 4 Maret 2021
Backdrop Rakorter TNI 2021
Rabu, 3 Maret 2021
Rakornispen TNI 2021
Rabu, 3 Februari 2021
Backdrop Rapim TNI-Polri 2021
Selasa, 1 Desember 2020
Baliho Sinergi Untuk Negeri
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Selasa, 8 Juni 2021
Pekuat Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro di Daerah, Tim Gabungan TNI dan Polri Dilibatkan
Kamis, 27 Mei 2021
Panglima TNI dan Kapolri Kembali Kunjungi Papua
Selasa, 27 April 2021
Panglima TNI Sambut Kedatangan Jenazah Kabinda Papua di Bandara
Selasa, 27 April 2021
TNI Sudah Siap Tumpas KKB, Tinggal Tunggu Keputusan Politik
Jum`at, 23 April 2021
Instruksi kepada Tim Pencari KRI Nanggala 402, Panglima TNI: Tabah Sampai Akhir