3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

"RSAL dr. Midiyato Suratani Adakan Peringatan Nuzulul Quran 1442 H/2021 M dan Doa Bersama Untuk Prajurit Syuhada KRI Nanggala 402

Kamis, 29 April 2021 13:31:49 - Oleh : admin - Dibaca : 74 kali


RABU sore (28/04/2021), menjelang waktu berbuka puasa atau sekitar  pukul 17.00 WIB, RSAL dr. Midiyato Suratani mengadakan kegiatan Peringatan Nuzulul Qur'an 1442 H/2021 M dengan tema "Jadikan Nuzulul Qur'an 1442 H/2021 M Sebagai Sarana Peningkatan Iman dan Taqwa serta Menumbuhkan Semangat Kebersamaan Hubungan Prajurit TNI Dengan Masyarakat" yang dirangkaian dengan doa bersama untuk arwah jenazah para syuhada korban tenggelamnya kapal selam KRI  Nanggala-402 dan buka puasa bersama, dengan menghadirkan penceramah a.n. Ustadz Rizaldy Siregar. S.Ag.,MA.

Kegiatan yang berlangsung di Mushola Ar Rasyid Rumkital dr. Midiyato Suratani tersebut berlangsung sederhana dan khidmad. Acara diawali dengan pembukaan, kemudian pembacaan Qalam Ilahi surat Al Baqoroh ayat 183 yang menerangkan tentang perintah mengenai kewajiban menjalankan ibadah puasa Ramadhan oleh Mayor Laut (K) Sarip, saritilawah oleh Serda Apm/W Shofi Ayu Damayanti, dilanjutkan kata sambutan oleh Ketua Panitia Kapten Laut (K) drg. Dani Rudiyanto, Sp.KG, dilanjutkan ceramah agama dan doa bersama untuk arwah jenazah para syuhada korban tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 oleh Ustadz Rizaldy Siregar, S.Ag.,MA.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Kapten Laut (K) drg. Dani Rudiyanto, Sp.KG mengatakan, kegiatan peringatan Nuzulul Qur'an sesuai tema yang disampaikan sangat penting dalam rangka mempertebal keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh SWT. Menghimbau melalui kegiatan yang diselenggarakan dan ceramah agama yang disampaikan nantinya dapat merenungi isi kandungan Alqur'an sebagai pedoman menjalani kehidupan.

Sementara itu, Ustadz Rizaldi Siregar, S.Ag.,MA dalam ceramahnya mengurai dan menjelaskan tentang fungsi Alquran sebagai obat, sebagai sumber ilmu pengetahuan dan ilmu pendidikan serta sejarah islam. Juga memaparkan kewajiban umat muslim yang harus dilakukan terhadap Alquran diantaranya membaca minimal selama bulan Ramadhan hatam sekali 30 juz, Menghafal. Jika tidak bisa menghafal 30 juz, minimal hafal 10 surat pendek. Beliau menjelaskan didalam membaca Alqur'an saat sholat tidak boleh diacak, harus sesuai urutan, sebagai contoh rokaat pertama membaca surat An Nas, rokaat kedua membaca surat Al Ikhlas, jika tidak urutan, maka hukumnya makruh. Setelah difahami, kewajibannya adalah mengamalkan, mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Lebih lanjut menghimbau untuk menjadikan Alqur'an sebagai pedoman dan jadikan Alqur'an sebagai teman.

Usai mendengarkan ceramah agama dan doa bersama, Karumkital dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Tanto Budiharto, Sp.JP.,M.A.R.S beserta segenap para Kadep, seluruh Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS serta PPNPN dan Pengurus Jalasenastri dan keluarga besar RSAL dr. Midiyato Suratani yang beragama muslim serta jamaah Mushola Ar Rasyid yang hadir melakukan buka puasa bersama dan acara tersebut diakhiri dengan sholat maghrib berjamaah. 

Smiley face
 
Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Kamis, 4 Maret 2021
Backdrop Rakorter TNI 2021
Rabu, 3 Maret 2021
Rakornispen TNI 2021
Rabu, 3 Februari 2021
Backdrop Rapim TNI-Polri 2021
Selasa, 1 Desember 2020
Baliho Sinergi Untuk Negeri
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Selasa, 27 April 2021
Panglima TNI Sambut Kedatangan Jenazah Kabinda Papua di Bandara
Selasa, 27 April 2021
TNI Sudah Siap Tumpas KKB, Tinggal Tunggu Keputusan Politik
Jum`at, 23 April 2021
Instruksi kepada Tim Pencari KRI Nanggala 402, Panglima TNI: Tabah Sampai Akhir
Jum`at, 26 Februari 2021
Panglima TNI Virtual Call dengan Pangab Diraja Brunei Darussalam
Senin, 22 Februari 2021
Kunjungi Poso, Panglima TNI Dan Kapolri Tinjau Kesiapan Satgas Mandago Raya