3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Peristiwa Nuzulul Qur’an Menjadi Tonggak Sejarah

Kamis, 29 April 2021 16:36:28 - Oleh : admin - Dibaca : 130 kali

Peristiwa Nuzulul Qur’an Menjadi Tonggak Sejarah

(Puspen TNI). Peristiwa Nuzulul Qur'an menjadi tonggak sejarah karena sebagai wahyu terakhir yang diturunkan kepada Rasul terakhir yaitu Nabi Muhammad SAW dan Al-Qur'an adalah pedoman bagi seluruh umat manusia sampai akhir zaman.

Demikian sambutan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. yang dibacakan Kasum TNI Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M., saat memperingati Nuzulul Qur'an 1442 H/2021 M, di Masjid Panglima Soedirman Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (29/4/2021).

Panglima TNI mengatakan, di tengah bulan suci Ramadan dan masih pada situasi pandemi Covid-19, semangat Ramadan adalah semangat untuk memaksimalkan ibadah dan semangat untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta yang menurunkan Al-Qur'an.

Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan bahwa sejalan dengan tema peringatan Nuzulul Qur'an tahun ini yaitu "Aktualisasikan Nilai-Nilai Puasa Ramadan, Nuzulul Qur'an dan Idul Fitri 1442 Hijriah / 2021 Masehi di Tengah Pandemi Covid-19 Guna Mewujudkan TNI Kuat, Solid, Profesional dan Dicintai Rakyat", diharapkan dapat mengambil hikmahnya sebagai TNI.

Dalam sambutannya, Panglima TNI mengucapkan terima kasih kepada Kadisbintalal Laksma TNI Drs. H. Ian Heriyawan yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan tausiyah. "Saya berharap kita semua dapat memetik hikmah dari peristiwa besar turunnya Al-Qur'an tersebut," ucapnya.

Kadisbintalal Laksma TNI Drs. H. Ian Heriyawan dalam tausiahnya menyampaikan, ayat-ayat suci dan Hadist Nabi diantaranya mengenal istilah sujud. Sujud hakikatnya merupakan komitmen dan totalitas pengabdian seorang hamba kepada Tuhan. "Hal ini digambarkan dalam sebuah episode Al-Qur'an tentang perintah sujud saat malaikat dan iblis berada di surga dengan kalimat perintah ‘Wa idz qoola robbuka lil malaaikatissjudu....'," ucapnya.

"Kalimat perintah bersujud merupakan gambaran totalitas kepatuhan seseorang terhadap perintah Allah SWT. Adapun empat macam sujud yang dilakukan sesuai keadaan tertentu diantaranya sujud dalam Shalat, sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah," ujar Kadisbintalal.

Peringatan Nuzulul Qur'an 1442 H/2021 M diawali dengan Pembacaan ayat suci Al Qur'an oleh Ust. Hadin Jalaludin dan Pembacaan Saritilawah oleh Serka Cintami A.NS. Pelaksanaan kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu 3 M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan).

 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Kamis, 4 Maret 2021
Backdrop Rakorter TNI 2021
Rabu, 3 Maret 2021
Rakornispen TNI 2021
Rabu, 3 Februari 2021
Backdrop Rapim TNI-Polri 2021
Selasa, 1 Desember 2020
Baliho Sinergi Untuk Negeri
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Selasa, 27 April 2021
Panglima TNI Sambut Kedatangan Jenazah Kabinda Papua di Bandara
Selasa, 27 April 2021
TNI Sudah Siap Tumpas KKB, Tinggal Tunggu Keputusan Politik
Jum`at, 23 April 2021
Instruksi kepada Tim Pencari KRI Nanggala 402, Panglima TNI: Tabah Sampai Akhir
Jum`at, 26 Februari 2021
Panglima TNI Virtual Call dengan Pangab Diraja Brunei Darussalam
Senin, 22 Februari 2021
Kunjungi Poso, Panglima TNI Dan Kapolri Tinjau Kesiapan Satgas Mandago Raya