3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Pelihara Kemampuan, Prajurit Yonmarhanlan XII Terima Materi Teknik Penyeberangan Sungai

Rabu, 2 Juni 2021 10:47:34 - Oleh : admin - Dibaca : 54 kali

Pelihara Kemampuan, Prajurit Yonmarhanlan XII Terima Materi Teknik Penyeberangan Sungai

Dalam rangka memelihara, mengasah dan meningkatkan profesionalisme, Prajurit Marinir "Jaguar Yudha Khatulistiwa" Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XII Pontianak dengan antusias mengikuti pelajaran Operasi Penyeberangan Sungai di kelas lapangan Kesatrian Marinir Usman Harun Mako Yonmarhanlan XII. Jl. A. Rani, Mempawah, Kalimantan Barat, Senin (31/05/2021).

Pemberian materi pelajaran Operasi Penyeberangan Sungai atau yang dikenal dengan Penyeberangan Basah dimaksudkan agar prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut khususnya Yonmarharlan XII tetap terjaga kemampuan dan keterampilan dalam problem operasi darat dan siap setiap saat bilamana negara membutuhkannya.

Dalam kesempatan itu Letda Mar Muhammad Fitrah selaku pemateri  menjelaskan bahwa, jenis penyebrangan sungai ada dua yakni penyebrangan secara gopoh dan penyebrangan yang dipersiapkan/direncanakan, sedangkan tujuannya adalah untuk mendekat sasaran dan menyerang musuh yang berada di tepi jauh melalui rintangan sungai.

Adapun Organisasi terdiri tim pembersih,tim tepi sungai, tim administrasi dan tim pelindung, sementara sarana kendalinya yaitu daerah persiapan (DP), pangkal serangan (PS), garis awal (GA), petak penyebrangan, titik penyebrangan dan daerah konsolidasi.

Sementara di tempat terpisah, Danyonmarhanlan XII Mayor Mar Anton Koerniawan, M.Tr.Opsla., mengatakan bahwa kegiatan pemberian materi atau teknik penyeberangan basah merupakan rangkaian dari latihan operasi penyeberangan rawa, laut, sungai dan pantai (Ralasuntai) adalah salah satu bentuk kesejahteraan prajurit dalam memelihara skill dan meningkatkan profesionalisme prajurit yang selalu sigap siaga dan waspada guna terlaksananya tugas pokok Satuan.

 

 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Kamis, 4 Maret 2021
Backdrop Rakorter TNI 2021
Rabu, 3 Maret 2021
Rakornispen TNI 2021
Rabu, 3 Februari 2021
Backdrop Rapim TNI-Polri 2021
Selasa, 1 Desember 2020
Baliho Sinergi Untuk Negeri
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Selasa, 8 Juni 2021
Pekuat Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro di Daerah, Tim Gabungan TNI dan Polri Dilibatkan
Kamis, 27 Mei 2021
Panglima TNI dan Kapolri Kembali Kunjungi Papua
Selasa, 27 April 2021
Panglima TNI Sambut Kedatangan Jenazah Kabinda Papua di Bandara
Selasa, 27 April 2021
TNI Sudah Siap Tumpas KKB, Tinggal Tunggu Keputusan Politik
Jum`at, 23 April 2021
Instruksi kepada Tim Pencari KRI Nanggala 402, Panglima TNI: Tabah Sampai Akhir