3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Aster Panglima TNI : Satkowil TNI Perlu Miliki Kemampuan Memanajemen Teritorial Hadapi Covid-19

Rabu, 2 Juni 2021 16:20:55 - Oleh : admin - Dibaca : 141 kali

Aster Panglima TNI :  Satkowil TNI Perlu Miliki Kemampuan Memanajemen Teritorial Hadapi Covid-19

(Puspen TNI). Kesiapan unsur staf Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) TNI dalam hal kemampuan dan keterampilan manajemen kegiatan teritorial pada saat menghadapi merebaknya wabah Covid-19. Tuntutan ini perlu dimiliki oleh setiap unsur staf Satkowil TNI terutama dapat mengkolaborasikan kemampuan teritorialnya dimana ia bertugas.

Demikian amanat Aster Panglima TNI Mayjen TNI Madsuni, S.E. yang dibacakan Waaster Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Agus Sulistyo pada Upacara Pembukaan Peningkatan Kemampuan Teritorial Unsur Staf Satkowil TNI, bertempat di Pusdikter Pusterad, Padalarang, Bandung, Rabu (2/6/2021).

Aster Panglima TNI mengatakan bahwa staf Satkowil TNI harus dapat menanggulangi wabah Covid-19 yang sedang gencar dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah seperti membantu tugas Satgas Covid-19 dalam penyelenggaraan posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di wilayahnya.

Mayjen TNI Madsuni menyampaikan bahwa dengan segala keterbatasan dan tetap memperhatikan serta menjalankan protokol kesehatan 3 M (Menjaga Jarak, Mencuci Tangan dan Menggunakan Masker), staf Teritorial TNI akan terus menumbuh kembangkan dan meningkatkan kemampuan teritorial Apkowil TNI agar dapat mendukung pelaksanaan tugas teritorial sesuai dengan dinamika kondisi sosial yang dihadapi.

Kondisi demikian memungkinkan menerapkan tema yang diangkat dalam kegiatan ini yang berbunyi "Dengan Kegiatan Peningkatan Kemampuan Teritorial Unsur Staf Satkowil TNI Kita Wujudkan Apkowil TNI Yang Memiliki Kemampuan Menyelenggarakan Kegiatan Staf Teritorial di Satuan Kewilayahan Guna Mendukung Pemerintah Daerah Dalam Mengatasi Permasalahan di Wilayah".

"Walaupun dalam kondisi penyebaran wabah Covid-19 yang sedang kita hadapi saat ini, staf teritorial TNI tidak serta merta menghentikan kegiatan dalam upaya meningkatkan kemampuan teritorial Apkowil TNI," ujarnya.

"Kegiatan ini diimplementasikan melalui program Katpuanter Apkowil TNI Tahun Anggaran 2021 yang menitikberatkan pada peningkatan pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill) dan sikap (attitude) unsur staf Satkowil TNI dalam manajemen penyelenggaraan kegiatan teritorial TNI baik dalam kondisi biasa atau kontijensi seperti menghadapi wabah Covid-19 saat ini," jelas Mayjen TNI Madsuni.

Aster Panglima TNI juga mengingatkan bahwa tugas pembinaan Teritorial TNI ke depan semakin berat terutama pada saat sedang menghadapi penyebaran wabah Covid-19 yang sulit untuk diprediksi. "Hal ini menuntut kesiapan dan kematangan aparat Teritorial TNI dalam menjalankan tugasnya sehingga dapat berperan aktif dan konstruktif serta mampu bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan instansi terkait dalam penanggulangan penyebaran wabah Covid-19," tambahnya.

Adapun sasaran penyelenggaraan kegiatan peningkatkan kemampuan teritorial unsur staf Satkowil TNI adalah mengetahui mekanisme penyelenggaraan kegiatan staf Teritorial TNI pada kondisi biasa dan kontijensi. Apter perlu memiliki kemampuan baik pengetahuan dan keterampilan untuk membantu Komandan Satuan (Dansat) dalam menyelenggarakan kegiatan Teritorial TNI di wilayah tugasnya baik dalam kondisi biasa maupun kontijensi. Apter juga hendaknya harus memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang tracer yang diselenggarakan Satgas Covid-19 dalam wadah posko PPKM skala mikro dan mampu bersinergi dengan instansi terkait di wilayah tugasnya dalam rangka penanggulangan penyebaran wabah Covid-19 yang masih berlangsung.

ul Prajurit Yonmarhanlan XIII Tarakan Kembali Menyapa Dhuafa Dalam Program Jumat Berkah Berbagi Kasih
ul Kembali Berikan Penyuluhan Hukum, Kini Hukum Divisi Infanteri 2 Kostrad Keliling Satuan Jajaran Brigif Mekanis Raider 6/TSB
ul Prajurit Semakin Baik Masyarakat Semakin Simpatik, Satgas Pamtas Yonif 403/WP Mempererat Hubungan Dengan Warga Binaannya Melalui Anjangsana di Wilayah Perbatasan RI-PNG
ul Ciptakah Desa ASRI (Aman, Sehat, Rapi dan Indah), Satgas Pamtas Yonif 403/WP Melalui Anjangsana Wujudkan Harapan Masyarakat dengan Desa ASRI di Wilayah Perbatasan RI-PNG
ul Bantu Ciptakan Herd Immunity, AAL Serahkan 153 Vail Vaksin Astra Zeneca pada Dinkes Lamongan
ul Satgas Yonif 512 Bagikan Masker Kepada Masyarakat Perbatasan Papua.
ul Prajurit Yonif 1 Marinir Laksanakan Aksi Sosial Dengan Membagikan Bantuan Sosial Ke Warga Gedangan
ul Penyuluhan Protokol Kesehatan, Kompi Senapan A Yonif 642/Kapuas Pererat Hubungan Dengan Warga
ul Danrem 044/Gapo Mengikuti Kegiatan Gerakan 1000 Kantong Darah Di Wilayah Jajaran Kodam II/Swj
ul Marilah Kita Membaca dengan Cerdas, Satgas Pamtas Yonif 403/WP Mengajak Masyarakat dengan Cerdas Mengatasi Maraknya Berita Hoax di Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang Papua
ul Pangdam XVII/Cen Bersama Danrem Merauke Gowes Bersama Sejauh 100 Km Dan Laksanakan Baksos
ul Satgas Yonif 512 Bagikan Pakaian Kepada Di Masyarakat Perbatasan Papua
ul Prajurit Yonif 4 Marinir Berikan Makanan Gratis Pada Jum'at Berkah
ul Jumat Berkah Wujud Kasih Dan Berbagi Yonif 2 Marinir Kepada Masyarakat
ul Nasehat dan Keprihatinan Danrem 061/Sk Kepada Anak Yatim dan Dhuafa
Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Kamis, 4 Maret 2021
Backdrop Rakorter TNI 2021
Rabu, 3 Maret 2021
Rakornispen TNI 2021
Rabu, 3 Februari 2021
Backdrop Rapim TNI-Polri 2021
Selasa, 1 Desember 2020
Baliho Sinergi Untuk Negeri
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Selasa, 8 Juni 2021
Pekuat Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro di Daerah, Tim Gabungan TNI dan Polri Dilibatkan
Kamis, 27 Mei 2021
Panglima TNI dan Kapolri Kembali Kunjungi Papua
Selasa, 27 April 2021
Panglima TNI Sambut Kedatangan Jenazah Kabinda Papua di Bandara
Selasa, 27 April 2021
TNI Sudah Siap Tumpas KKB, Tinggal Tunggu Keputusan Politik
Jum`at, 23 April 2021
Instruksi kepada Tim Pencari KRI Nanggala 402, Panglima TNI: Tabah Sampai Akhir