3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Jajaran Polisi Militer Kolinlamil Terima Sosialisasi E-TLE

Kamis, 10 Juni 2021 15:39:12 - Oleh : admin - Dibaca : 94 kali

Jajaran Polisi Militer Kolinlamil Terima Sosialisasi E-TLE

Untuk menuju keselamatan dan tertib berlalulintas, prajurit Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menerima sosialisasi tentang System Electronic Traffic Law Enforcement atau e-TLE  (E-tilang) dari Subdit Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kamis (10/6).

Sosialisasi yang digelar di Gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara ini,  dihadiri Komandan Polisi Militer Kolinlamil Letkol Laut (PM) Wakhid Komarudin dan jajarannya.

Pihak Ditlantas Polda Metro Jaya yang menyampaikan materi sosialisasi tersebut menghadirkan Kasi Laka Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Polisi Robby Hefados dan 2 personel stafnya.

Dalam sambutannya, Komandan Polisi Militer Kolinlamil Letkol Laut (PM) Wakhid Komarudin Sebagai prajurit kita harus menjadi contoh dalam tertib berlalulintas dan berkendaraan dijalan.

"Dengan sosialisasi sistem tilang elektronik Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) kita harus lebih memahami dalam disiplin berlalulintas dan berhati-hati dalam berkendaraan dijalan raya. Surat tilang akan datang secara tiba-tiba ke alamat kita sesuai dengan alamat di STNK. Oleh karena itu pahami dengan baik sosialisasi ini" ujar Komandan POM Kolinlamil.

Kasi Laka Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya mengatakan, sejak diluncurkan pada tanggal November 2019, kemudian setelah dilakukan penindakan sejak pertengahan Desember tahun lalu sampai hari ini, Juni 2021 itu jumlah pelanggaran mengalami penurunan.

Ia juga mengatakan, pihaknya terus melakukan pengembangan terkait kualitas kamera e-TLE. Hal itu dilakukan agar bisa menangkap gambar para pengemudi yang melanggar.

Menurutnya,  terdapat dua tipe kamera, yaitu Kamera Check Point dan Speed Radar. Kamera Check Point merupakan kamera otomatis yang dapat mendeteksi jenis pelanggar, tidak menggunakan sabuk pengaman, penggunaan ponsel genggam.

Sementara, Kamera Speed Radar merupakan sensor yang berkoneksi dengan kamera Check Point untuk mendeteksi kecepatan kendaraan yang melintas secara real time. Sehingga, secara otomatis bisa memberi sinyal tangkap layar bagi kendaraan yang melebihi batas kecepatan.

Lebih jauh, menambahkan, ada satu fitur lain yang telah dipakai sejak awal yakni Kamera ANPR (Automatic Number Plate Recognition). Kamera itu secara otomatis dapat mendeteksi jenis pelanggaran marka dan traffic light serta mendeteksi plat nomor kendaraan untuk kemudian disinkronisasikan dengan database kendaraan.

E-Tilang lanjutnya, merupakan sistem penegakan hukum di bidang lalu lintas yang berbasis teknologi informasi dengan menggunakan perangkat elektronik berupa kamera yang dapat mendeteksi berbagai jenis pelanggaran lalu lintas dan menyajikan data kendaraan bermotor secara otomatis (Automatic Number Plate Recognition).

"Rekaman kamera ETLE dapat digunakan sebagai barang bukti dalam perkara pelanggaran lalu lintas," terang.

Mekanisme penindakkan pelanggaran lalu lintas dengan sistem ETLE terangnya, tahap pertama pelanggaran lalu lintas terekam  oleh Camera ETLE, selanjutnya  petugas menganalisi hasil capture camera ETLE (foto, atau video) apakah termasuk pelanggaran lalu lintas atau bukan.

Yang tidak dinyatakan sebagai pelanggaran lalu lintas, hasil capture camera ETLE tetap tersimpan didalam sistem. Kemudian petugas melakukan verifikasi data Ranmor dengan melakukan Pengecekan identitas Ranmor di database Electronic Registrations and Identification (ERI), apabila terjadi ketidakcocokan data ranmor maka data akan diolah pada bagian Manajemen Penelitian Khusus.

Jika memang terjadi pelanggaran, maka petugas penanggung jawab surat konfirmasi menerbitkan surat konfirmasi yang ditujukan kepada pemilik Ranmor dan dikirim melalui media elektronik (email/SMS/WA) atau Jasa pengiriman PT. Pos Indonesia.

Selanjutnya pelanggar atau pemilik Ranmor dapat melakukan konfirmasi melalui Website atau bisa mendatangi Posko Gakum diwilayah hukum setempat. Di Posko Gakum petugas akan meng-input data E-tilang dan menerbitkan surat tilang,  selanjutnya pelanggar dapat melakukan pembayaran denda E-tilang melalui Bank atau mengikuti sidang.

 

Smiley face
 
Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Rabu, 23 Juni 2021
SOP 4 PILAR PPKM MIKRO ZONA MERAH
Kamis, 4 Maret 2021
Backdrop Rakorter TNI 2021
Rabu, 3 Maret 2021
Rakornispen TNI 2021
Rabu, 3 Februari 2021
Backdrop Rapim TNI-Polri 2021
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Selasa, 8 Juni 2021
Pekuat Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro di Daerah, Tim Gabungan TNI dan Polri Dilibatkan
Kamis, 27 Mei 2021
Panglima TNI dan Kapolri Kembali Kunjungi Papua
Selasa, 27 April 2021
Panglima TNI Sambut Kedatangan Jenazah Kabinda Papua di Bandara
Selasa, 27 April 2021
TNI Sudah Siap Tumpas KKB, Tinggal Tunggu Keputusan Politik
Jum`at, 23 April 2021
Instruksi kepada Tim Pencari KRI Nanggala 402, Panglima TNI: Tabah Sampai Akhir