3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Kolinlamil Ikuti Latihan Armada Jaya 39 Tahun 2021

Selasa, 15 Juni 2021 13:41:05 - Oleh : admin - Dibaca : 166 kali

Kolinlamil Ikuti Latihan Armada Jaya 39 Tahun 2021

Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengikuti latihan Armada Jaya ke-39 tahun 2021. Latihan yang dibuka secara virtual oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dari Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (14/6) diikuti oleh kotama TNI AL yang terlibat dalam komando tugas gabungan.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah selaku Pangkogasgabratmin  mengikuti pembukaan latihan puncak TNI AL tahun 2021 ini secara virtual dari Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kemampuan, kesiapan operasional dan keterpaduan masing-masing komponen SSAT dalam melaksanakan Opsgab TNI matra laut, perlu diukur serta diuji dengan doktrin yang telah ada saat ini. Dengan demikian Latihan Armada Jaya XXXIX digelar guna mewujudkan kemampuan TNI AL yang diharapkan dalam rangka mendukung tugas Operasi Gabungan TNI.

Latihan Armada Jaya ke-39 tahun 2021 dengan Kogaslagab, Kogasgabfib, Kogasgabratmin dan Kogasgabhantai melaksanakan operasi laut Gabungan, operasi Amfibi, operasi pendaratan administrasi dan operasi pertahanan pantai dengan di dukung operasi dukungan intelijen, operasi dukungan teritorial, operasi dukungan informasi, operasi dukungan kesehatan dan operasi dukungan Pasukan khusus Gabungan di mandala operasi dalam rangka mendukung kampanye militer Kogab TNI.

Latihan tahun ini masih dalam situasi mewabahnya virus covid 19 sehingga  dilaksanakan secara virtual dengan metode e-Geladi Posko yaitu mengaplikasikan langkah-langkah PPKM melalui pemanfaatan teknologi informasi dalam menyusun Rencana Operasi. Dan untuk tahun 2021 ini akan dilanjutkan dengan manuvra lapangan dari Perairan Laut Jawa hingga pendaratan di Pantai Dabo Singkep, Kepulauan Riau. Untuk pelaksanan dimulai tanggal 14 Juni hingga tanggal 22 Juni yang diawali pembukaan oleh Kasal dan diakhiri dengan kaji ulang dan evaluasi tanggal 22 Juni.

Latihan berlangsung di Kotama yang ditunjuk Koarmada I, Koarmada II, Koarmada III, Kolinlamil, Kormar dan Kodiklatal.

Latihan Armada Jaya kali ini melibatkan ribuan personel dengan melaksanakan manuvra lapangan, mengingat situasi wabah covid 19 yang membuat kegiatan-kegiatan harus menghindari kerumunan sesuai dengan protokol kesehatan.

Personel terbagi dalam Komando Tugas Laut Gabungan (Kogaslagab), Komando Tugas Gabungan Amfibi (Kogasgabfib), Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin), Komando Tugas Pertahanan Pantai (Kogasgabhantai), dan pasukan pendaratan.

Latihan Armada Jaya ke-39 tahun 2021 bertujuan untuk mengukur kesiapan operasi, dari hasil pembinaan kekuatan dan kemampuan seluruh komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang dilaksanakan oleh Kotama dan satuan kerja di jajaran TNI Angkatan Laut, sekaligus untuk mendukung peningkatan kesiapsiagaan operasi TNI.

Sedangkan sasaran latihan adalah terujinya kemampuan perorangan maupun satuan untuk mengaplikasikan dan menerapkan doktrin operasi laut gabungan, operasi amfibi, operasi pendaratan administrasi dan operasi pertahanan pantai serta operasi dukungan intelijen, informasi, kesehatan dan operasi dukungan pasukan khusus gabungan selain itu terciptanya kesamaan persepsi mekanisme PPKM pada operasi gabungan serta terwujudnya pola pikir dan pola tindak yang sama antar prajurit dalam melaksanakan tugas operasi gabungan TNI.

 

 

Smiley face
 
Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 23 Juli 2021
Panglima TNI Serahkan Bantuan Tabung Oksigen dan Alkes kepada Masyarakat Papua
Selasa, 8 Juni 2021
Pekuat Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro di Daerah, Tim Gabungan TNI dan Polri Dilibatkan
Kamis, 27 Mei 2021
Panglima TNI dan Kapolri Kembali Kunjungi Papua
Selasa, 27 April 2021
Panglima TNI Sambut Kedatangan Jenazah Kabinda Papua di Bandara
Selasa, 27 April 2021
TNI Sudah Siap Tumpas KKB, Tinggal Tunggu Keputusan Politik