3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19 Di Surabaya, Kepala RSPAL dr. Ramelan Pimpin Rapat Koordinasi Bersama Kafaskes TNI AL Wilayah Surabaya

Kamis, 17 Juni 2021 22:39:43 - Oleh : admin - Dibaca : 179 kali

Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19 Di Surabaya, Kepala RSPAL dr. Ramelan Pimpin Rapat Koordinasi Bersama Kafaskes TNI AL Wilayah Surabaya

(Puspen TNI). Dalam menghadapi lonjakan kasus Covid-19 di Surabaya yang tengah meningkat tajam, Kepala Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Laut (RSPAL) dr. Ramelan Surabaya Laksma TNI dr. Radito Soesanto,Sp.THT-KL, Sp.KL., yang juga selaku Perwira Tertua Kesehatan Wilayah Timur (Paterkes Wiltim) memimpin rapat koordinasi bersama seluruh Kepala Fasilitas Kesehatan (Faskes) TNI Angkatan Laut Wilayah Surabaya bertempat di Ruang Rapat RSPAL dr. Ramelan, Surabaya, Rabu (16/6/2021).

Rapat koordinasi tersebut membahas beberapa isu terkait perkembangan kasus Covid-19 di Surabaya di antaranya kesiapan sarana dan prasarana Fasilitas Kesehatan TNI AL wilayah Surabaya dalam menghadapi lonjakan kasus COVID-19 serta pelaksanaan serbuan vaksinasi di Faskes TNI AL Wilayah Surabaya.

Dalam pengarahannya, Ka RSPAL dr. Ramelan menyampaikan setiap prajurit Kesehatan TNI AL harus menjadi leader dalam penerapan protokol kesehatan baik di satuan kerja maupun di lingkungan tempat tinggal serta selalu menyampaikan pentingnya penerapan protokol kesehatan, dan menjadi sumber informasi tentang Covid-19 bagi masyarakat.

Selain itu, Ka RSPAL juga memerintahkan kepada seluruh kepala Faskes TNI AL wilayah Surabaya untuk menyiapkan secara maksimal fasilitas yang ada untuk menerima pasien COVID-19 dan menyiapkan ruang isolasi mandiri bagi personel yang hasil Swab PCRnya positif.

Menurutnya, Kafaskes wajib melaksanakan screening rutin kepada personel di satuannya secara terencana dengan menggunakan metode Swab Antigen, dan apabila hasil pemeriksaan Swab Antigen dinyatakan positif, maka dilanjut dengan pemeriksaan Swab PCR. Selain itu, Faskes TNI AL harus turut mendukung percepatan pelaksanaan program serbuan Vaksinasi dengan sasaran anggota TNI AL dan keluarganya.

"Untuk kebutuhan Vaksin dapat berkoordinasi dengan Kadiskes Koarmada II selaku Koordinator distribusi Vaksin yang ditunjuk oleh Diskesal, tambahnya.

Adapun beberapa poin penting yang disepakati dalam rapat tersebut yakni RSPAL dr. Ramelan Surabaya siap menjadi pusat rujukan kasus Covid-19 untuk Faskes TNI wilayah Surabaya atau Jawa Timur serta siap melaksanakan pendampingan terkait penyiapan tenaga kesehatan TNI AL serta sarana prasarana pendukungnya.

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 23 Juli 2021
Panglima TNI Serahkan Bantuan Tabung Oksigen dan Alkes kepada Masyarakat Papua
Selasa, 8 Juni 2021
Pekuat Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro di Daerah, Tim Gabungan TNI dan Polri Dilibatkan
Kamis, 27 Mei 2021
Panglima TNI dan Kapolri Kembali Kunjungi Papua
Selasa, 27 April 2021
Panglima TNI Sambut Kedatangan Jenazah Kabinda Papua di Bandara
Selasa, 27 April 2021
TNI Sudah Siap Tumpas KKB, Tinggal Tunggu Keputusan Politik