3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

KRI Bima Suci Olah Sampah Dengan Teknologi Canggih

Senin, 21 Juni 2021 13:31:17 - Oleh : admin - Dibaca : 69 kali

KRI Bima Suci Olah Sampah Dengan Teknologi Canggih

Sampah tidak akan lepas dalam kehidupan manusia, termasuk dalam Satgas Pelayaran KRI Bima Suci 2020. KRI Bima Suci sebagai kapal latih Taruna Akademi TNI Angkatan Laut tentunya akan menghadapi masalah jika tidak memiliki unit pengolahan sampah. KRI Bimasuci mempunyai peralatan yang khusus untuk mengolah sampah.

Mesin pengolahan sampah di KRI Bima Suci berada dibawah Departemen 4 atau Departemen Logistik. Karena itu Kepala Departemen Logistik (Kadeplog) KRI Bima Suci Lettu Laut (S) Vadlli Novembra memberikan penjelasan dan praktek tentang pengolahan sampah kepada seluruh Taruna.

Sampah yang dihasilkan selama pelayaran KRI Bima Suci dipisah menjadi 2 jenis sampah, yaitu sampah organik dan sampah non organik. Untuk sampah organik seperti sisa nasi, sisa makan dan buah akan diolah (dihancurkan) dengan menggunakan mesin grinder yang berada di ruang scullery dan ditampung di bak penampungan. KRI Bima Suci sendiri memiliki 3 ruang scullery.

Sedangkan sampah non organik seperti botol plastik, kaleng dan kertas akan diolah (dihancurkan) dengan mesin penghancur yang selanjutnya akan dipress (dimampatkan) menggunakan alat press agar volume sampah tidak memakan banyak tempat.

Apabila waktu pelayaran yang panjang dan menghasilkan sampah yang berlebih, KRI Bima Suci juga dilengkapi dengan alat Pembakar sampah yang bisa membakar sampah sampai titik didih 1000°C.

 

Smiley face
 
Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 23 Juli 2021
Panglima TNI Serahkan Bantuan Tabung Oksigen dan Alkes kepada Masyarakat Papua
Selasa, 8 Juni 2021
Pekuat Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro di Daerah, Tim Gabungan TNI dan Polri Dilibatkan
Kamis, 27 Mei 2021
Panglima TNI dan Kapolri Kembali Kunjungi Papua
Selasa, 27 April 2021
Panglima TNI Sambut Kedatangan Jenazah Kabinda Papua di Bandara
Selasa, 27 April 2021
TNI Sudah Siap Tumpas KKB, Tinggal Tunggu Keputusan Politik