3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Pemerintah RI Apresiasi Upaya Pemerintah Filipina Bantu Pembebasan 4 WNI Yang Disandera Abu Sayyaf

Minggu, 27 Juni 2021 21:10:41 - Oleh : admin - Dibaca : 334 kali

Pemerintah RI Apresiasi Upaya Pemerintah Filipina Bantu Pembebasan 4 WNI Yang Disandera Abu Sayyaf

(Puspen TNI). Sebagai wujud apresiasi pemerintah RI kepada pemerintah Filipina, melalui Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Davao City, pemerintah RI memberikan piagam penghargaan kepada Komandan Joint Task Force Tawi-tawi (JTF TT) dan Police Director of Philippines National Police (PNP) Tawi-tawi atas upaya personelnya dalam membantu menyelamatkan 4 WNI korban penculikan kelompok Abu Sayyaf di wilayah operasi JTF Tawi-tawi pada bulan Maret 2021 silam.

Piagam penghargaan diberikan langsung oleh Bapak Dicky Fabrian selaku Konsulat Jenderal RI Davao City di dua tempat yang berbeda yakni kepada Komandan JTF TT Brigjen (Mar) Arturo G. Rojas di Markas Joint Task Force Tawi-tawi dan kepada Direktur Kepolisian Tawi-tawi Kolonel Polisi Bonard Dacuba Britton di Markas Kepolisian Tawi-tawi di wilayah administrasi Bangsa Moro Autonomous Region Muslim Mindanao, Provinsi Tawi-tawi, Sabtu (26/6/2021).

Diketahui sebelumnya, pihak militer dan kepolisian Filipina berhasil menemukan lokasi penculikan keempat WNI. Ketika hendak dibawa keluar dari Pulau Jolo oleh kelompok penculik, naas kapal milik kelompok teroris tersebut tenggelam karena gelombang laut dan keempat WNI yang diculik sempat terpencar namun akhirnya berhasil diselamatkan oleh aparat keamanan setempat.

Konsulat Jenderal RI Davao City, Dicky Fabrian menyampaikan bahwa di samping pemberian penghargaan kepada aparat Militer dan Kepolisian di wilayah Tawi-tawi yang telah membantu menyelamatkan 4 WNI korban penculikan kelompok Abu Sayyaf, kegiatan ini juga untuk mempererat hubungan kerjasama diplomatik yang telah terjalin baik antara perwakilan RI di Davao City dengan pemerintah setempat yang masuk dalam wilayah kerja KJRI Davao City meliputi wilayah Filipina Selatan yaitu Pulau Mindanao, Basilan, Sulu dan Tawi-tawi, melalui fungsi kekonsuleran seperti perlindungan WNI dan kunjungan ke Pos BCS Bonga.

Turut mendampingi dalam penyerahan piagam penghargaan tersebut, pejabat fungsi Protokol dan Konsuler, bapak Puguh Tedjobaskoro, Atase Pertahanan RI Manila Kolonel Mar Reza Suud, staf imigrasi bapak Galih Kartika Perdana serta Indonesian Liaison Officer (ILO) TNI untuk Filipina Letkol Laut (P) Bambang Widodo S.E., M.Si.

Rangkaian kegiatan delegasi KJRI Davao City selama berada di Tawi-tawi lainnya yaitu mengadakan pertemuan dengan Gubernur Provinsi Tawi-tawi dan Walikota Bongao, mengunjungi perusahaan swasta RI PT Kaltimex, meninjau WNI pekerja kubah masjid Provinsi Tawi-tawi serta mengunjungi Pos BCS Bongao yang diawaki oleh 2 personel ILO TNI di wilayah Bongao Tawi-tawi. 

Smiley face
 
Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 3 September 2021
Panglima TNI Raker di Komisi I DPR RI
Jum`at, 23 Juli 2021
Panglima TNI Serahkan Bantuan Tabung Oksigen dan Alkes kepada Masyarakat Papua
Selasa, 8 Juni 2021
Pekuat Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro di Daerah, Tim Gabungan TNI dan Polri Dilibatkan
Kamis, 27 Mei 2021
Panglima TNI dan Kapolri Kembali Kunjungi Papua
Selasa, 27 April 2021
Panglima TNI Sambut Kedatangan Jenazah Kabinda Papua di Bandara