3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

NETRALITAS TNI DALAM PILKADA

Selasa, 18 Mei 2010 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 1448 kali

Mengingat begitu pentingnya sikap netralitas dalam membangun demokrasi dan profesionalisme, maka masalah netralitas harus benar-benar dipahami, dihayati dan diimplementasikan dalam kehidupan prajurit dan PNS TNI, terutama pada penyelenggaraan Pemilu Pilkada di beberapa daerah Propinsi, Kabupaten dan Kota di seluruh wilayah Indonesia.

Sehubungan dengan hal itu, maka Panglima TNI mengeluarkan Surat Telegram Nomor ST/256/2010 tanggal 19 April 2010 yang menginstruksikan seluruh jajarannya agar:

Pertama, memedomani buku Netralitas TNI tahun 2008 dan Penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada bagi PNS TNI.

Kedua, TNI adalah Alat pertahanan negara untuk segenap bangsa Indonesia, untuk itu TNI tidak berpolitik praktis, harus netral dan adil terhadap semua komponen bangsa.

Ketiga satuan/perorangan/fasilitas TNI tidak dilibatkan pada rangkaian kegiatan Pemilu dan Pilkada dalam bentuk apapun di luar tugas dan fungsi TNI.

Keempat, memonitor perkembangan kegiatan Pemilu Pilkada di daerah secara terus menerus guna mendeteksi dini dan mencegah dini terhadap pelanggaran anggota TNI dan adanya potensi konflik yang dapat berakibat terjadinya kerusuhan dan tindakan kekerasan diwilayah masing-masing.

Kelima, mengadakan koordinasi dengan instansi terkait khusus Pemerintah Daerah dan Polri diwilayah untuk kelancaran pelaksanaan tugas serta melaporkan setiap perkembangan situasi/hal-hal menonjol pada kesempatan pertama.        

          Demikian Lembar Penpas ini disampaikan untuk dipahami dan dipedomani oleh seluruh prajurit TNI dimanapun berada.

"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 26 September 2019
Panglima TNI dan Kapolri Cek Lokasi Kericuhan di Perempatan Slipi
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak
Selasa, 13 Agustus 2019
Kekuatan Militer Indonesia Diperhitungkan Dunia, Kapuspen TNI: Kita Tak Akan Lengah
Selasa, 13 Agustus 2019
Kodam XVII/Cenderawasih Terus Mencari Helikopter MI-17