3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Tingkatkan Standar Mutu Pendidikan, AAL Gelar Seminar dan Workshop Literasi

Kamis, 22 Juli 2021 12:09:22 - Oleh : admin - Dibaca : 86 kali

Tingkatkan Standar Mutu Pendidikan, AAL Gelar Seminar dan Workshop Literasi

Guna meningkatkan standar mutu lembaga pendidikan, Akademi Angkatan Laut (AAL) melalui Lembaga Penjamin Mutu AAL menggelar Seminar dan Workshop Penguatan Standar Mutu Akademi Angkatan Laut Tahun 2021 yang dihelat secara daring dan luring selama tiga hari, 21 hingga 23 Juli 2021 mendatang.

Seminar dan Workshop Penguatan Standar Mutu Tahun 2021 yang diikuti 50 peserta luring (dosen dan Taruna AAL) dan 420 peserta daring (akademisi dan masyarakat umum) ini. Kegiatan ini  dibuka oleh Gubernur AAL Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han) di Gedung Mas Pardi, Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya, Rabu (21/7).

Seminar dan Workshop yang menghadirkan dua narasumber, Andi Muhammad Yasin, S.Kom (Trainer dan Editor Media Guru dan Pengurus LKPI Jatim) serta lstiqomah, S.pd., M.Pd. (Widyaiswara 4PK PKn dan Editor Senior Media Guru) ini, dihadiri Wakil Gubernur AAL Laksma TNI Rudhi Aviantara, S.E., M.Si., M.Tr (Han), Seklem AAL Lakasma TNI Syamsul Rizal, S.E., M.M., dan para Pejabat Utama AAL lainnya.

Gubernur AAL bersyukur  atas  rahmat dan ridhonya Allah SWT, AAL dapat menggelar Seminar dan Workshop Literasi Penguatan Standar Mutu AAL tahun 2021 dalam keadaan sehat wal'afiat walaupun masih dalam situasi pandemi Covid-19.

"Saya selaku Gubernur AAL, menghaturkan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para narasumber dan peserta atas kesediaannya meluangkan waktu untuk mengikuti seminar dan workshop literasi ini," terangnya.

Kegiatan ini lanjutnya, diselenggarakan dengan maksud untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui implementasi sistem pendidikan penjaminan mutu internal (SPMI). Melalui SPMI, lembaga didorong untuk membangun budaya mutu secara partisipatif dengan melibatkan seluruh komponen yang ada.

Menurutnya, untuk mewujudkan hal tersebut, perlu adanya penguatan budaya literasi dikalangan dosen baik  secara mandiri maupun berkelompok.

Sebagai contoh, secara mandiri hal ini dapat dilakukan dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, mengikuti seminar, pelatihan, dan membaca berbagai sumber bacaan untuk menambah wawasan agar kualitas pembelajaran semakin meningkat, sedangkan secara berkelompok melalui kegiatan di KKG/MGMP.

"Semoga kegiatan ini dapat memberikan kontribusi terbaik bagi peningkatan kualitas di lembaga pendidikan khususnya AAL dalam mewujudkan akreditasi internasional menuju World Class Naval Academy," harap Gubernur AAL mengakhiri sambutannya.

Di hari pertama usai pembukaan, narasumber pertama, Andi Muhammad Yasin didampingi Ketua Panitia Seminar yang juga Kepala LPM AAL, Kolonel Laut (S) Dr. Asep Iwa Soemantri, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CIQaR., CQnR, memaparkan materi tentang pentingnya menulis buku. Materi kedua, disampaikan Istiqomah tentang Gerakan literasi dan tahapan menulis buku.

Pada hari kedua pelatihan, Kamis, 21 Juli 2021 besok, narasumber akan memaparkan materi teknik penulisan buku sampai jadi naskah yang siap diterbitkan.  Selanjutnya, di hari ketiga, akan disajikan materi tentang proses penerbitan buku.

Kegiatan di hari kedua dan ketiga akan disampaikan secara daring oleh kedua narasumber. Setelah semua materi tersampaikan akan dilanjutkan dengan kegiatan penutupan oleh panitia.

 

 

Smiley face
 
Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 23 Juli 2021
Panglima TNI Serahkan Bantuan Tabung Oksigen dan Alkes kepada Masyarakat Papua
Selasa, 8 Juni 2021
Pekuat Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro di Daerah, Tim Gabungan TNI dan Polri Dilibatkan
Kamis, 27 Mei 2021
Panglima TNI dan Kapolri Kembali Kunjungi Papua
Selasa, 27 April 2021
Panglima TNI Sambut Kedatangan Jenazah Kabinda Papua di Bandara
Selasa, 27 April 2021
TNI Sudah Siap Tumpas KKB, Tinggal Tunggu Keputusan Politik