3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

2 Unsur Kri Kolinlamil Asah Kemampuan Tempur, Sebelum Dukung Serbuan Vaksin Maritim TNI AL

Kamis, 22 Juli 2021 15:51:44 - Oleh : admin - Dibaca : 79 kali

2 Unsur Kri Kolinlamil Asah Kemampuan Tempur, Sebelum Dukung Serbuan Vaksin Maritim TNI AL

2 Kapal perang Republik Indonesia (KRI) unsur Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menyerbu dan berhasil menguasai pantai yang dikuasai musuh dengan melakukan beaching pendaratan administrasi di Pulau Bokor, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Rabu (21/7).

KRI Teluk Manado 537 dan KRI Teluk Hading 538 berhasil melaksanakan tugasnya dalam skenario latihan beaching retrack 2021 Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 1 Jakarta Kolinlamil.

Latihan yang dilaksanakan sebagai rangkaian dari Latihan L3 dan mendukung serbuan vaksinasi maritim yang akan berlangsung selama tiga hari 22 - 24 Juli 2021 di Pulau Pramuka, Pulau Panggang dan Pulau Kelapa Kepulauan Seribu.

Latihan L3 yang berlangsung sejak pukul 10.00 WIB, kedua unsur KRI Kolinlamil tersebut berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana latihan.

Latihan yang merupakan latihan teknis dan taktis yang melibatkan sekitar 250 personel ini dengan materi latihan meliputi radio check, peran meninggalkan pelabuhan (leaving harbour), peran melewati medan ranjau (mine field transit), latihan Komunikasi dengan menggunakan isyarat lampu (Flashex), Latihan Pengetahuan publikasi (publication exercise), latihan komunikasi kibaran isyarat bendera (flaghoist), lego dalam formasi.

KRI Teluk Manado 537 yang lego jangkar melakukan operasi pindah pasukan komando tugas gabungan pendaratan (kogasgabrat) ke KRI Teluk Hading 538 untuk selanjutnya didaratkan ke Pantai Pulau Bokor melaksanakan operasi darat lanjutan.

KRI Teluk Hading 538 dan KRI Teluk Manado 537 berhasil melakukan beaching atau memantai di tumpuan pantai dan sekaligus juga sukses melaksanakan retrack atau lepas pantai untuk menghindari serangan musuh. Kapal yang berfungsi sebagai angkut pasukan pendarat ini juga sebagai kapal pengangkut logistik yang telah berpengalaman dalam melaksanakan operasi pendaratan pasukan.

Rangkaian latihan dipertengahan tahun 2021 ini juga mengasah kemampuan prajurit KRI berlatih menembak artileri di Perairan Pulau Bokor, Pengisian bahan bakar dilaut (replenishment at sea), manuvra taktis tanpa gerakan, officer on watch exercise dan peran masuk pelabuhan (entering harbour).

Disela - sela latihan, Komandan Satlinlamil 1 Jakarta Kolonel Laut (P) Tarus Rostiyadi mengatakan semua temuan dan catatan hasil latihan akan dikaji dan dicari pemecahannya, sehingga dapat meminimalisir kendala-kendala yang mungkin dihadapi dalam pelaksanaan tugas operasi yang sebenarnya.

"Latihan seperti ini hendaknya juga dapat dikembangkan, baik dari sisi skenario maupun pelibatan peserta latihan dengan menggunakan efisiensi dan tetap menjaga kualitas latihan" ungkapnya.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Arsyad Abdullah disela-sela waktunya mengatakan latihan L3 tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan, profesionalisme dan kerja sama taktis unsur-unsur Kolinlamil sesuai fungsi asasinya dalam rangka operasi angkutan laut militer.

Sedangkan sasaran latihan terwujudnya kemampuan kesiapsiagaan operasi dan profesionalisme personel pengawak unsur-unsur yang terlibat dalam latihan.

"Dari latihan ini, diharapkan terwujudnya pengetahuan, pemahaman serta keterampilan para peserta latihan serta terbentuk dan terjalinnya koordinasi maupun kerjasama yang baik antara satgas yang terkait dalam pelaksanaan tugas operasi" ujar Panglima Kolinlamil. 

 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 23 Juli 2021
Panglima TNI Serahkan Bantuan Tabung Oksigen dan Alkes kepada Masyarakat Papua
Selasa, 8 Juni 2021
Pekuat Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro di Daerah, Tim Gabungan TNI dan Polri Dilibatkan
Kamis, 27 Mei 2021
Panglima TNI dan Kapolri Kembali Kunjungi Papua
Selasa, 27 April 2021
Panglima TNI Sambut Kedatangan Jenazah Kabinda Papua di Bandara
Selasa, 27 April 2021
TNI Sudah Siap Tumpas KKB, Tinggal Tunggu Keputusan Politik