3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Viral..! Serbuan Vaksinasi Bersama RSAL dr. MDTS. Salah Satu Pelajar SMKS Maitreyawira Menyatakan Ngga Terasa Sakit Saat di Suntik

Jum`at, 23 Juli 2021 08:06:34 - Oleh : admin - Dibaca : 132 kali

Viral..! Serbuan Vaksinasi  Bersama RSAL dr. MDTS. Salah Satu Pelajar SMKS Maitreyawira Menyatakan Ngga Terasa Sakit Saat di Suntik

Pemerintah secara resmi berdasarkan Surat Edaran Kemenkes Nomor HK.02.02/I/1727/2021 sebagai dasar pemberian vaksinasi pada anak, telah mengeluarkan izin vaksinasi Covid-19 bagi anak berusia 12 - 17 tahun mulai dari minggu lalu di bulan Juli 2021. Pelaksanaan serbuan vaksinasi pada usia tersebut, dilaksanakan di sejumlah fasilitas kesehatan, sekolah, madrasah dan pesantren. Salah satunya untuk di wilayah Kota Tanjungpinang Kepri dilaksanakan di SMKS Maitreyawira yang berlokasi di Jl. Ir. Sutami Komplek Villa Akasia No. 66 Tanjungpinang Kepri. 

Dalam pelaksanaan serbuan vaksinasi bagi pelajar usia 12 s.d 17 tahun di SMKS Maitreyawira tersebut dilaksanakan oleh Tim Vaksinator dan pendukung dari personil Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (RSAL) dr. Midiyato Suratani dengan dibantu dari Mahasiswa Stikes Hang Tuah Tanjungpinang. (Sabtu, 10-07-2021).

Sebanyak 220 peserta dari jumlah total 309 anak didik dari kelas 10, 11, 12 sekolah terkait, berhasil dilaksanakan pemberian vaksinasi oleh petugas kesehatan dari RSAL dr. Midiyato Suratani, tanpa adanya KIPI. Dari 89 anak didik yang tidak hadir dalam kegiatan tersebut, beragam alasan yang disampaikan oleh orang tuanya kepada pihak sekolah, salah satunya khawatir dampak pengikut yang ditimbulkan setelah dilaksanakan vaksinasi.

Melihat alasan dari  responden yang dimungkinkan menolak karena termakan berita hoaks, pihak dari RSAL dr. Midiyato Suratani mendorong perlunya mengadakan sosialisasi yang masif dari pihak sekolah dan yang terkait kepada orang tua murid dan masyarakat, agar tidak mudah termakan berita hoaks, yang membuat mereka tidak mengijinkan anaknya untuk diimunisasi. Padahal upaya yang dilaksanakan oleh pemerintah ini adalah dapat membantu persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.Orang tua dan masyarakat diharapkan bisa memahami, mengingat anak-anak di usia tersebut berpotensi menjadi sumber penularan yang mobile karena tidak ada gejala atau keluhan yang dirasakan, tetapi bisa bergerak kesana kemari. Kelompok usia 12-17 tahun dirasa sangat sulit untuk berdisiplin bermasker dan menjaga jarak, khususnya di permukiman padat dan sudah dikenal, mereka lebih mudah abai apalagi bertemu dengan orang yang sudah dikenal dan mengganggap tidak mungkin menularkan, padahal tidak diketahui mereka kesana kemari tanpa diketahui bisa tertular dari siapapun yang tidak diketahui sumber asalnya. Untuk itu secara bijak untuk bisa mensosialisasikan bahwa kelompok anak dan remaja ini memiliki kerentanan, mengingat kelompok anak dan remaja mempunyai mobilitas yang tinggi, sulit diawasi dan bila terinfeksi Covid 19 umumnya tanpa gejala.  Jika orang tua atau siapapun yang tidak mengizinkan untuk divaksin, selain karena alasan kesehatan, harus ada asesmen terlebih dahulu oleh tenaga kesehatan yang menerangkan tidak layak atau tidak boleh divaksin. 

Pentingnya kesehatan dalam melindungi diri dan keluarga, selain menjalankan prokes dan peningkatan daya tahan tubuh dari virus tersebut melalui pelaksanaan vaksinasi. Sehingga dengan dua hal tersebut, masing-masing warga masyarakat diharapkan dapat memiliki perlindungan/protective diri secara ganda.

Pada kesempatan pelaksanaan serbuan vaksinasi di SMKS Maitreyawara tersebut, salah seorang siswa dari sekolah terkait menyampaikan bahwa dirinya tidak takut dan berani untuk di suntik vaksinasi. Saat ditanya kenapa adek tidak takut untuk di suntik ? karena ingin kebal dan segera bisa sekolah secara tatap muka, tidak lagi melalui daring yang selama ini dilaksanakan di rumah. Lebih baik di suntik sakitnya tidak terasa, daripada nanti tensinya tinggi  kasihan orang tua dan dokter di rumah sakit. 

Smiley face
 
Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 3 September 2021
Panglima TNI Raker di Komisi I DPR RI
Jum`at, 23 Juli 2021
Panglima TNI Serahkan Bantuan Tabung Oksigen dan Alkes kepada Masyarakat Papua
Selasa, 8 Juni 2021
Pekuat Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro di Daerah, Tim Gabungan TNI dan Polri Dilibatkan
Kamis, 27 Mei 2021
Panglima TNI dan Kapolri Kembali Kunjungi Papua
Selasa, 27 April 2021
Panglima TNI Sambut Kedatangan Jenazah Kabinda Papua di Bandara