3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

RSAL dr. MDTS Dukung Kolaborasi Kegiatan Vaksinasi Massal Bagi Pelajar Dengan Tema "Indonesia Sehat, Indonesia Hebat"

Jum`at, 23 Juli 2021 08:08:20 - Oleh : admin - Dibaca : 152 kali

RSAL dr. MDTS  Dukung Kolaborasi  Kegiatan Vaksinasi Massal Bagi Pelajar Dengan Tema

Saat ini di 14 Provinsi Daerah Epicentrum, 15 Kabupaten/Kota dan 32 titik di seluruh Indonesia sedang melaksanakan vaksinasi massal untuk pelajar dengan tema "Indonesia Sehat, Indonesia Hebat" yang diprakarsai oleh Badan Intelijen Negara (BIN), salah satunya dilaksanakan di Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau, yang diselenggarakan di SMA Negeri 1 Tanjungpinang Jln. Dr. Sutomo, Tanjungpinang Barat, Bukit Cermin, Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau. (Rabu, 14-07-2021).

Dalam kegiatan di tempat tersebut, Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (RSAL) dr. Midiyato Suratani berkolaborasi dengan Puskesmas Sei Jang dan Tanjung Unggat serta Stikes Hang Tuah Tanjungpinang mendukung kegiatan vaksinasi massal tersebut, yang diikuti oleh pelajar dari SMAN 1 dan SMKN 1 Tanjungpinang, dengan sasaran 1200 orang penerima vaksin, guna mempercepat pelaksanaan vaksinasi di Indonesia, untuk persiapan kesehatan Indonesia Tahap III dalam membentuk Herd Immunity, sehingga diharapkan nantinya proses belajar mengajar dapat berjalan normal.

Kegiatan yang diprakarsai oleh BIN dalam menggelar vaksinasi Covid 19 melalui mekanisme door to door atau sistem jemput bola ini, telah digunakan di beberapa negara, dengan tujuan mampu meningkatkan partisipasi masyarakat serta menjangkau keluarga yang belum mempunyai akses vaksin, dengan metode ini juga dapat menjangkau masyarakat yang takut keluar rumah untuk menghindari penularan Covid 19. Dengan dilaksanakan metode tersebut dapat mampu mempercepat pelaksanaan vaksinasi di Indonesia, segera dapat membentuk target herd immunity untuk Indonesia sehat, Indonesia hebat dalam mengatasi wabah pandemi Covid-19.

Sedikitnya ada 14 personil yang terlibat dalam Tim Vaksinator dan pendukung dari RSAL dr. Midiyato Suratani dari jumlah total 58 tenaga kesehatan dalam mendukung kegiatan tersebut, diturunkan guna mensukseskan terselenggaranya kegiatan.

Kegiatan yang diselengarakan secara serentak di 14 Provinsi tersebut salah satunya di Kepulauan Riau, didahului dengan Video Conference bersama Bpk. Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, dimulai dialog dari Kabagops Binda Kepri Kolonel CHB Manurung kepada Bpk. Presiden, kemudian Kepala Sekolah SMAN 1 Tanjungpinang Bpk. Dr. Imam Syafi'i, S.Pd.,M.Si, dilanjutkan perwakilan dari salah satu Siswi SMAN 1 Tanjungpinang a.n. Ayu Lestari. Dalam kesempatan tersebut, Ayu Lestari izin bertanya kepada Presiden, menanyakan tentang program vaksinasi pada pelajar, apakah ada kemungkinan digunakan untuk pembelajaran tatap muka, mengingat karena para siswa sangat rindu ingin belajar di sekolah, karena pemahaman di sekolah lebih lengkap dan banyak kerja kelompok, sementara jika dilakukan presentasi melalui online terkadang terkendala gangguan jaringan dan ketika guru mencoba menjelaskan tiba-tiba putus-putus, sehingga siswa tidak bisa menangkap apa yang diterangkan, sehingga dengan alasan ini diharapkan ada kebijakan dari pemerintah untuk memberikan sekolah secara tatap muka. Menjawab pertanyaan tersebut, Presiden Joko Widodo menjelaskan, bahwa memang sebelumnya pemerintah memiliki rencana untuk membuka sekolah tatap muka secara terbatas pada bulan Juli ini, namun, angka kasus Covid 19 yang meningkat pada akhir-akhir ini, membuat pemerintah kemudian menunda rencana tersebut. Semuanya memang mempunyai keinginan untuk bisa sekolah secara PTM terbatas, akan tetapi semuanya harus hati-hati, mengingat penyebaran Covid 19 ini masih terjadi, tidak hanya di negara Indonesia tapi juga di negara-negara lain di seluruh dunia. Sehingga keputusan tersebut untuk sementara dihentikan dulu. Presiden mengatakan, bahwa jika nanti angka kasus Covid 19 telah mereda, maka opsi untuk membuka kembali pembelajaran tatap muka di seluruh sekolah di Tanah Air Indonesia akan bisa dilakukan kembali. Untuk saat ini diminta para siswa tetap semangat belajar secara daring.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kabag Ops Binda Kepri Kolonel CHB Manurung, Karumkital dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Tanto Budiharto, Sp.JP.,M.A.R.S, Kadep Kitlam Rumkital dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Arif Supono, Sp.B.,Onk, Danlanund RHF diwakili oleh Kajas Kpt Agus, Kepsek SMAN 1 Tanjungpinang Dr. Imam Syafi'i, S.Pd.,M.Si, Kepsek SMKN 1 Tanjungpinang Ibu Delisbeth, M.Pd, pelajar dari sekolah yang terlibat Vaksinasi Covid 19. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Semoga segala upaya dan ikhtiar yang dilakukan hari ini dan sebelumnya serta esok akan segera dapat membentuk target herd immunity untuk Indonesia sehat, Indonesia hebat untuk mengatasi wabah pandemi Covid-19.  

Smiley face
 
Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 3 September 2021
Panglima TNI Raker di Komisi I DPR RI
Jum`at, 23 Juli 2021
Panglima TNI Serahkan Bantuan Tabung Oksigen dan Alkes kepada Masyarakat Papua
Selasa, 8 Juni 2021
Pekuat Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro di Daerah, Tim Gabungan TNI dan Polri Dilibatkan
Kamis, 27 Mei 2021
Panglima TNI dan Kapolri Kembali Kunjungi Papua
Selasa, 27 April 2021
Panglima TNI Sambut Kedatangan Jenazah Kabinda Papua di Bandara