c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Pameran Online Rumah Kriya Asri (RKA) Dekranas 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas

Jum`at, 27 Agustus 2021 11:47:18 - Oleh : admin - Dibaca : 45 kali

Pameran Online Rumah Kriya Asri (RKA) Dekranas 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas

DEKRANAS Kembali Mendukung Perajin pada Masa Sulit Pandemi Covid-19.

 

Saat ini banyak perajin produk kerajinan di Indonesia yang terhenti kegiatannya akibat dampak dari pandemi Covid-19. "Bagaimana mau memproduksi, sementara saat ini kami sulit untuk memasarkan produknya," hal itu yang selalu dikeluhkan para perajin di daerah yang hampir tersebar merata di seluruh wilayah Indonesia.

Menanggapi kesulitan yang dialami sebagian besar perajin di Indonesia pada masa pandemi ini, maka Dekranas berinisiatif untuk membantu pemasaran produk kerajinan hasil karya perajin daerah dengan menyelenggarakan Pameran Online Rumah Kriya Asri (RKA) 5 - Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), yaitu: Mandalika, Borobudur, Labuan Bajo, Danau Toba dan Likupang.

Ketua Umum Dekranas, Ibu Hj. Wury Ma'ruf Amin, sangat mendukung kegiatan ini, seperti yang disampaikannya bahwa Pameran RKA Dekranas - 5 DPSP ini dilaksanakan untuk memfasilitasi pemasaran produk kerajinan karya perajin daerah yang terdampak pandemi Covid-19, agar dapat beraktifitas kembali. "Oleh karenanya saya sangat mendukung kegiatan ini," jelas beliau.

Menurut Ketua Harian Dekranas, Tri Tito Karnavian, pameran ini akan diselenggarakan dari bulan Agustus sampai bulan Desember 2021. "Semula pameran ini akan diselenggarakan secara offline, namun karena kondisi pandemi yang masih belum kondusif, maka kami putuskan untuk menyelenggarakannya secara online bekerja sama dengan Tokopedia dan Ladara," tambah Tri Tito Karnavian.

Sementara itu Wakil Ketua Harian III Dekranas, Yanti Isfandiary Airlangga mengatakan Pameran Online RKA Dekranas - 5 DPSP dengan IKON Provinsi Nusa Tenggara Barat, akan dimulai dengan Pameran Mandalika yang akan dilaksanakan dari tanggal 9 - 28 Agustus 2021; dilanjutkan Pameran Borobudur pada tanggal 6 - 25 September 2021; Pameran Labuan Bajo tanggal 4 - 23 Oktober 2021; Pameran Danau Toba tanggal 1 - 20 November 2021; dan Pameran Likupang tanggal 29 November - 18 Desember 2021.

Dalam kesempatan yang sama, Liza Thohir sebagai Ketua Pameran Online RKA Dekranas - 5 DPSP menyampaikan bahwa Pameran DPSP Mandalika akan diikuti oleh perajin binaan Dekranasda Provinsi NTB, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur dan Yayasan Batik Indonesia (YBI), Sarinah, serta hasil program pelatihan Dekranas dan Kementerian Perhubungan yang melibatkan perajin DPSP Mandalika.

Produk kerajinan yang digelar merupakan hasil kurasi dari para kurator Dekranas, telah terpilih 54 peserta dengan jenis produk sebanyak 1.087 jenis dan jumlah total produk sebesar 1.955 produk kerajinan dari seluruh peserta Pameran Mandalika.

Liza Thohir menambahkan dengan mengikuti Pameran Online yang bekerja sama dengan Tokopedia dan Ladara ini, para perajin daerah dapat melakukan pembelajaran serta tes pasar/uji coba pasar dari produk kerajinan mereka.

Selama pameran ini juga akan dilakukan pelatihan-pelatihan oleh pihak marketplace yaitu Tokopedia dan Ladara, serta Dekranas bekerja sama dengan Kementerian/Lembaga terkait. Apabila hasil penjualannya baik, maka pihak Tokopedia dan Ladara akan langsung menghubungi peserta/perajin dimaksud untuk dapat memasarkan produknya melalui Tokopedia atau Ladara, dan akan dilakukan pelatihan agar dapat memenuhi persyaratan untuk berjualan melalui marketplace dimaksud.

Pameran Online ini diharapkan dapat berjalan lancar dan sukses, serta membantu menggerakkan kembali aktifitas para perajin Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19.

 

Jakarta, 9 Agustus 2021 Dewan Kerajinan Nasional

Website     : www.dekranas.id Instagram : @dekranas.id

 

info selanjutnya -> https://pameranonline.dekranas.id/?_ga=2.56331682.863736562.1630038392-1510337256.1630038392

Podcast
 
Takdir milik Allah,Doa dan ikhtiar milik Kita.Allah bisa merubah takdir dengan Doa dan Ikhtiar Kita, tapi jika hasilnya tidak sesuai dengan keinginan kita, sisakan ruang ikhlas karena Allah lebih tahu yang Terbaik untuk kita.Tetap Sehat dan penuh Semangat Prajuritku,Libatkan Allah SWT, Tuhan YME dalam setiap langkah pengabdianmu. JAS91 TNI PRIMA #tniprima #tni #agussubiyanto
Quotes Panglima TNI
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Senin, 18 Maret 2024
TNI Pastikan Tak Terkait Klaim Rusia: Tentara Bayaran Bukan Tugas TNI
Rabu, 28 Februari 2024
Jokowi Hadiri Rapim TNI-Polri 2024
Rabu, 21 Februari 2024
TNI AL Kerahkan Kapal Korvet dan Helikopter Panther Ikuti Latihan dengan 47 Negara di India
Selasa, 20 Desember 2022
Presiden Jokowi Lantik Yudo Margono sebagai Panglima TNI
Jum`at, 2 Desember 2022
Panglima TNI Bersama KSAL Lepas Satgas MTF TNI Konga 28 N ke Lebanon




Tiktok