3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Sebanyak 31 Perwira TNI Ikuti Workshop MDMP

Rabu, 15 September 2021 09:53:23 - Oleh : admin - Dibaca : 95 kali

Sebanyak 31 Perwira TNI Ikuti Workshop MDMP

 

(Puspen TNI) Sebanyak 31 personel TNI yang terdiri dari perwakilan tiga Matra mengikuti kegiatan workshop Military Decision Making Process (MDMP) di Ballroom Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Senin (13/9/2021).

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Latihan Bersama (Latma) Gema Bhakti 2021, yang merupakan salah satu latihan yang telah disepakati dalam forum United States-Indonesia Bilateral Defence Dialogue  (USIBDD). Latihan  ini dimaksudkan untuk memperkuat kerjasama bilateral militer Indonesia dan Amerika. Gema Bhakti 2021 (GB21) merupakan latihan ke-9 dari Latma Gema Bhakti yang pelaksanaannya akan menggunakan metode Staff Exercise (Staffex).

Adapun tujuan latihan ini adalah untuk meningkatkan hubungan kerjasama mil to mil bilateral antara TNI dan USINDOPACOM; meningkatkan kesiapsiagaan dalam membangun interoperabilitas dan kemampuan untuk merencanakan dan melaksanakan Operasi Perdamaian dan Bantuan Kemanusiaan serta familiarisasi Multinational Force Standing Operating Procedure (MNF-SOP) khususnya pada bagian Military Decision Making Process-Multinational (MDMP-M) sebagai proses perencanaan bersama.

Sasaran latihan ini adalah agar Perwira TNI yang akan melaksanakan penugasan sebagai peacekepper memahami Proses Pengambilan Keputusan Militer-Multinasional, sehingga dapat menyusun kerangka kerja dalam perencanaan Operasi Pemeliharan Perdamaian Dunia; memahami prinsip dan panduan dalam pelaksanaan Operasi   Pemeliharan Perdamaian Dunia; memahami bagaimana proses transisi dari Peace Enforcement Operation menuju Peace Keeping Operation (PKO) serta memahami bagaimana mengembangkan cara bertindak (Course Of Action/COA) dalam lingkungan operasi PKO terhadap ancaman yang dinamis dan kompleks untuk mencapai sasaran dari operasi PKO.

Kegiatan berlangsung mulai tanggal 13 sampai dengan tanggal 20 September 2021 dengan pemateri dari USPACOM ini tetap memperhatikan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19, selanjutnya mulai tanggal 21 sampai dengan tanggal 28 September 2021 akan melaksanakan praktek Staf Exercise (Staffex).

 

 

Smiley face
 
Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 3 September 2021
Panglima TNI Raker di Komisi I DPR RI
Jum`at, 23 Juli 2021
Panglima TNI Serahkan Bantuan Tabung Oksigen dan Alkes kepada Masyarakat Papua
Selasa, 8 Juni 2021
Pekuat Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro di Daerah, Tim Gabungan TNI dan Polri Dilibatkan
Kamis, 27 Mei 2021
Panglima TNI dan Kapolri Kembali Kunjungi Papua
Selasa, 27 April 2021
Panglima TNI Sambut Kedatangan Jenazah Kabinda Papua di Bandara