3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Prajurit KRI Kolinlamil Diingatkan Bahaya Narkoba Dan Sanksi Hukumnya

Jum`at, 8 Oktober 2021 14:56:25 - Oleh : admin - Dibaca : 138 kali

Prajurit KRI Kolinlamil Diingatkan Bahaya Narkoba Dan Sanksi Hukumnya

Prajurit KRI jajaran Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 1 Jakarta Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengikuti penyuluhan hukum tentang narkoba yang diselenggarakan oleh Dinas Hukum Kolinlamil, di Ballroom KRI Tanjung Kambani yang sandar di Dermaga Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, baru-baru ini. Tim Diskum Kolinlamil yang diwakili Kasubdis Banhatkum, Letkol Laut (KH) Yanto Suryanto menyampaikan materi "Penyelesaian Tindak Pidana Narkoba di Lingkungan TNI AL".

Dalam ceramahnya Letkol Laut (KH) Yanto Suryanto menyampaikan bahwa peningkatan penyalahgunaan narkoba baik sebagai pengguna, pengedar, kurir maupun bandar sudah merambah ke seluruh lapisan masyarakat termasuk di dalam lingkungan prajurit TNI.

Tindak pidana narkotika diatur dalam Bab XV Pasal 111 sampai dengan Pasal 148 UU RI No.35/2009 tentang narkotika, adapun Narkotika dapat digolongkan menjadi 3 golongan yaitu Narkotika Golongan I terdiri dari 65 Jenis, Narkotika golongan  II terdiri dari 86 Jenis, Narkotika Golongan III terdiri dari 14 Jenis, dengan pengguna golongan I maksimal 4 tahun, golongan II maksimal 2 tahun, golongan III maksimal 1 tahun, dimana ancaman pidana bervariasi yaitu pidana penjara minimal 4 tahun sampai dengan 20 tahun dan seumur hidup, dengan denda antara Rp.800 juta sampai Rp.10 milyar dan pidana tambahan dalam waktu tertentu atau seumur hidup, dan pidana mati. Adapun sanksi pidana pada umumnya (kebanyakan) diancamkan secara kumulatif (terutama penjara dan denda).

 

 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 3 September 2021
Panglima TNI Raker di Komisi I DPR RI
Jum`at, 23 Juli 2021
Panglima TNI Serahkan Bantuan Tabung Oksigen dan Alkes kepada Masyarakat Papua
Selasa, 8 Juni 2021
Pekuat Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro di Daerah, Tim Gabungan TNI dan Polri Dilibatkan
Kamis, 27 Mei 2021
Panglima TNI dan Kapolri Kembali Kunjungi Papua
Selasa, 27 April 2021
Panglima TNI Sambut Kedatangan Jenazah Kabinda Papua di Bandara