3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Asah Skill Sebagai Prajurit Matra Laut, Prajurit Satlinlamil 3 Latihan Renang

Selasa, 12 Oktober 2021 15:28:09 - Oleh : admin - Dibaca : 112 kali

Asah Skill Sebagai Prajurit Matra Laut, Prajurit Satlinlamil 3 Latihan Renang

Kemampuan berenang mutlak sebuah kemampuan dasar yang harus dimiliki Prajurit TNI AL.

Dalam rangka pembinaan fisik dan ketangkasan dalam berenang untuk dapat mencapai kemampuan sesuai dengan yang diharapkan, Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 3 Makassar melaksanakan latihan renang bagi para prajurit yang berlangsung di kolam renang Tirto Segoro V Lantamal VI, Makassar, beberap saat yang lalu.

Salah satu program pembinaan operasi dan latihan ini dipimpin Perwira Staf Operasi Satlinlamil 3 Makassar Mayor Laut (P) Uji Agus Nugroho. Latihan  renang sejauh 50 meter ini dengan dua gaya bebas dan dada dengan waktu 1 menit sebagai warming up atau pemanasan.

Latihan ini juga ditinjau langsung Komandan Satlinlamil 3 Makassar Kolonel Laut (P) Yulis Anderas Lorentinus  yang menyampaikan bahwa latihan renang untuk meningkatkan daya tahan tubuh prajurit, sekaligus menindak lanjuti perintah Kepala Staf Angkatan Laut melalui Panglima Kolinlamil agar setiap prajurit TNI AL memiliki kemampuan renang yang memadai.

Menurutnya selain meningkatkan daya tahan tubuh renang laut tersebut juga sebagai bekal dalam penugasan karena para prajurit Kolinlamil umumnya dan Satlinlamil khususnya merupakan pengawak KRI yang setiap harinya bekerja diatas permukaan laut baik saat kapal sandar mauapun saat kapal melaksanakan operasi.

Selain itu Komandan Satlinlamil 3 juga menjelaskan, latihan renang ini juga merupakan bekal kemampuan untuk bertahan di laut, kemampuan bertahan di laut merupakan salah satu materi Sea Survival yang harus dimiliki oleh setiap prajurit TNI Angkatan Laut, sebagai kewaspadaan dan kesiapsiagaan personel dalam menghadapi berbagai kemungkinan bahaya di laut.

Sebelum pelaksanaan renang dimulai, Tim Kesehatan Satlinlamil 3 Makassar selaku tim pendukung melaksanakan pengecekan kesehatan terhadap para prajurit untuk memastikan para peserta renang benar-benar siap untuk mengikuti kegiatan.

"keselamatan personel dan materiil menjadi prioritas utama, laksanakan latihan ini dengan serius dan sesuai prosedur", ungkap Komandan Satlinlamil 3 menegaskan. 

 

Smiley face
 
Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 3 September 2021
Panglima TNI Raker di Komisi I DPR RI
Jum`at, 23 Juli 2021
Panglima TNI Serahkan Bantuan Tabung Oksigen dan Alkes kepada Masyarakat Papua
Selasa, 8 Juni 2021
Pekuat Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro di Daerah, Tim Gabungan TNI dan Polri Dilibatkan
Kamis, 27 Mei 2021
Panglima TNI dan Kapolri Kembali Kunjungi Papua
Selasa, 27 April 2021
Panglima TNI Sambut Kedatangan Jenazah Kabinda Papua di Bandara