3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Di Tapal Batas, TNI Ajarkan Masyarakat Cara Fermentasi Biji Kedelai Jadi Tempe

Kamis, 21 Oktober 2021 08:41:18 - Oleh : admin - Dibaca : 114 kali

Di Tapal Batas, TNI Ajarkan Masyarakat Cara Fermentasi Biji Kedelai Jadi Tempe

Dampak dari wabah pandemi Virus Covid-19 masih dirasakan khususnya bagi masyarakat yang berada di wilayah perbatasan Papua, hal tersebut mendorong Pos Yamara Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY terjun langsung  untuk mengajarkan cara pembuatan tempe Kampung Suskun Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom Papua. Rabu (19/10/2021)

Tempe merupakan makanan khas dari Indonesia yang terbuat dari bahan dasar biji kacang kedelai, diolah dengan di fermentasi menggunakan kapang Rhizopus atau yang biasa dikenal dengan ragi tempe.

Di kampung Suskun mayoritas masyarakat bermata pencaharian sebagai petani, sehingga biji kedelai sebagai bahan dasar pembuatan tempe sangat mudah didapatkan.

Sarno (49) warga Kampung Suskun yang di kunjungi Danpos Yamara Serma Dedit mengucapkan terima kasih atas bimbinganya tentang cara pengolahan biji kedelai menjadi sebuah tempe.

Dansatgas Letkol Inf Taufik Hidayat menyebutkan "Modal awal yang terbilang ekonomis akan menarik masyarakat untuk memproduksinya, harga jual tempe juga tidak terlalu mahal sehingga dapat dijangkau oleh lapisan masyarakat."

Kehadiran Satgas Yonif Mekanis 512/QY diharapkan dapat menciptakan semangat berwirausaha bagi masyarakat di wilayah perbatasan Papua untuk mendapatkan pemasukan tambahan di tengah Pandemi Covid-19.Attachments area 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 18 November 2021
Resmi Jadi Panglima TNI, Andika Perkasa Akan Lanjutkan Program Hadi Tjahjanto
Jum`at, 3 September 2021
Panglima TNI Raker di Komisi I DPR RI
Jum`at, 23 Juli 2021
Panglima TNI Serahkan Bantuan Tabung Oksigen dan Alkes kepada Masyarakat Papua
Selasa, 8 Juni 2021
Pekuat Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro di Daerah, Tim Gabungan TNI dan Polri Dilibatkan
Kamis, 27 Mei 2021
Panglima TNI dan Kapolri Kembali Kunjungi Papua