3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Akmil Membantu Mendigitalkan Masyarakat Desa Karanganyar Borobudur

Jum`at, 19 November 2021 12:32:50 - Oleh : admin - Dibaca : 108 kali

Akmil Membantu Mendigitalkan Masyarakat Desa Karanganyar Borobudur

Taruna Akademi Militer Prodi Nikelektrohan (Teknik Elektro Pertahanan) Tingkat II dan III dalam rangka Latihan Praja Bakti TP. 2021/2022 di hari kelima, bersinergi dengan Dosen Prodi Teknik Elektronika Pertahanan untuk menyelenggarakan  program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berintegrasi bersama mahasiswa Universitas Tidar (Untidar) dan masyarakat Desa Karanganyar, Borobudur. Selaku Kepala Pelaksanaan Kegiatan (PKM) Kolonel Chb Mohammad Nazar. Jum'at (19/11/2021).

Saat kegiatan tersebut Kolonel Chb M. Nazar menjelaskan bahwa, "pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia akan tumbuh delapan kali lipat dengan E-commerce yang akan berperan  sangat besar, yaitu sekitar 34% menurut pernyataan dari pemerintah. Pengembangan desa digital dilakukan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat desa, melalui pemberdayaan masyarakat desa yang dapat memberikan manfaat ekonomi". Di lain pihak adanya keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) dan kurangnya infrastruktur digital di desa-desa menjadi salah satu penghambat kebijakan pemerintah tersebut. 

Upaya pemberdayaan masyarakat desa tersebut, Akademi Militer terpanggil sebagai Perguruan Tinggi yang mempunyai tugas melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya adalah Pengabdian Kepada Masyarakat. Melalui kebijakan Gubernur Akmil Mayjen TNI Candra Wijaya. Beliau memberikan arahan kepada segenap Civitas Akademika, khususnya pada Prodi Teknik Elektronika Pertahanan untuk menyelenggarakan  program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berfokus kepada pemberdayaan dan mensejahterakan masyarakat desa. 

Prodi Elektronika Pertahanan beserta para Taruna Akademi Militer, para Mahasiswa Universitas Tidar (Untidar) Magelang, melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat di Desa Karanganyar Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah mulai tanggal 15 sampai dengan 18 November 2021. 

Beliau menegaskan, "selaku Kepala Pelaksana Kegiatan PKM tersebut ditunjuk Kolonel Chb Mohamad Nazar yang juga menjabat sebagai Kepala Program Studi Elektronika Pertahanan Akmil". Program Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut salah satunya adalah Workshop Digital Marketplace yang mengambil tempat di Balkondes Karanganyar Borobudur. Tidak tanggung-tanggung, Prodi Elektronika Akmil mengundang narasumber yang merupakan ahli serta praktisi e-commerce. Pertama adalah Ryan Manafe, yang merupakan CEO sekaligus Founder Dagangan Indonesia. Dagangan Indonesia merupakan start-up yang berasal dari Magelang dan telah berkembang pesat. Narasumber kedua adalah Dwi Kristanto N., seorang Social Marketist sekaligus pemilik mudahdigital.id berkolaborasi dengan Kapten Cba Agustina (Dosen Prodi Teknik Elektronika Akmil) memberikan pemahaman tentang marketplace serta memberikan tips dan teknis desain grafis untuk konten digital.Adapun sasaran dari PKM lainnya meliputi pembuatan infrastruktur layanan digital pada destinasi wisata Balkondes Karanganyar, pembuatan contoh warung hot spot sebagai bisnis model mikro ekonomi desa serta Workshop digital marketplace.

Selaku kalakgiat PKM, Kolonel Chb Mohamad Nazar berharap adanya peningkatan literasi digital para pelaku usaha dan umkm di desa secara cepat. "Kegiatan nyata ini diharapkan menjadi game changer dalam terobosan peningkatan aktifitas  ekonomi desa khususnya  masyarakat di Desa Karanganyar menjadi serba digital".  Jadi dengan adanya workshop  digital marketplace pada PKM ini, diharapkan masyarakat sudah bisa memasarkan daganganya secara digital  mampu menerobos pasar dunia sesuai slogan think globally act locally." tambah Kolonel Chb M. Nazar di sela acara workshop. 
Masyarakat Desa Karanganyar dalam aktifitas ekonomi digitalnya bisa menggunakan akses internet yang sudah digelar jaringannya di Balkondes Karanganyar oleh Prodi NIkelektrohan Akmil, selain  itu masyarakat dapat menikmati   lampu jalan di area Balkondes yang semula gelap, sekarang sudah menjadi terang benderang berkat program PKM Prodi Elektro Pertahanan Akmil. 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 18 November 2021
Resmi Jadi Panglima TNI, Andika Perkasa Akan Lanjutkan Program Hadi Tjahjanto
Jum`at, 3 September 2021
Panglima TNI Raker di Komisi I DPR RI
Jum`at, 23 Juli 2021
Panglima TNI Serahkan Bantuan Tabung Oksigen dan Alkes kepada Masyarakat Papua
Selasa, 8 Juni 2021
Pekuat Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro di Daerah, Tim Gabungan TNI dan Polri Dilibatkan
Kamis, 27 Mei 2021
Panglima TNI dan Kapolri Kembali Kunjungi Papua