3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Berbagi Sesama, Satgas Pamtas TNI Yonmek 403/WP Panen Kacang Tanah Bersama Warga Kampung Yuruf Wilayah Perbatasan RI-PNG

Jum`at, 19 November 2021 12:34:14 - Oleh : admin - Dibaca : 114 kali

Berbagi Sesama, Satgas Pamtas TNI Yonmek 403/WP Panen Kacang Tanah Bersama Warga Kampung Yuruf Wilayah Perbatasan RI-PNG

Sebagai wujud kepedulian terhadap ketahanan pangan bagi masyarakat yang berada di wilayah perbatasan RI-PNG, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Kipur I Poskoki Yuruf melaksanakan kegiatan panen kacang tanah yang merupakan hasil dari bercocok tanam Prajurit Satgas Poskoki Yuruf dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar Pos, panen kali ini dilaksanakan bersama masyarakat Kampung Yuruf, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua. 

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista, Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Jumat, (19/11/2021).

Dansatgas mengungkapkan bahwa kegiatan panen kacang tanah yang memiliki nama ilmiah Arachis Hypogaea ini merupakan wujud nyata bahwa jajaran Pos Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista tidak hanya mensosialisasikan saja tentang cara mengatasi kesulitan pangan di wilayah perbatasan tetapi juga memberikan contoh salah satunya dengan menghasilkan kacang tanah yang dalam kesempatan ini dapat kita panen bersama-sama masyarakat.

"Harapan kami semoga program ketahanan pangan jenis biji-bijian ini dapat membantu meringankan beban masyarakat dalam menghadapi kesulitan pangan di masa pandemi Covid-19, selain itu semoga menjadi motivasi bagi masyarakat dalam meningkatkan hasrat untuk bercocok tanam," ucap Dansatgas.

Di tempat terpisah, Dankipur I Poskoki Yuruf Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Lettu Inf Sugiman menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Satgas TNI untuk ikut serta mendukung program ketahanan pangan nasional yang digagas oleh pemerintah, sehingga dapat membantu kebutuhan dasar sehari- hari masyarakat.

"Kali ini Prajurit Satgas bersama warga binaan pos dapat menuai salah satu hasil bumi yang di tanam Prajurit Satgas dengan panen kacang tanah bersama, dan alhamdulillah mendapatkan apresiasi yang baik dari masyarakat karena hasil panen tersebut dapat dinikmati bersama," tutur Sugiman.

"Tidak lupa bagi warga yang belum sempat hadir dalam panen bersama ini kami juga mengantarkan hasil panen kacang tanah tersebut kerumah-rumah warga agar dapat menambah semangat masyarakat untuk mencoba bercocok tanam kacang tanah yang hasilnya sudah dapat dinikmati bersama ini," tambah Sugiman.

Sementara itu, salah satu warga kampung Yuruf Bapak Jimmy Mambobo (43) mengucapkan terimakasih banyak kepada Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Poskoki Yuruf yang telah mensosialisasikan dan berupaya mengajak serta memberikan contoh bagaimana cara bercocok tanam kacang tanah dengan hasil yang baik ini kepada masyarakat.

"Saya sangat senang sekali dapat melihat dan ikut panen kacang tanah bersama di kebun Pos Yuruf Yonif 403, setelah membantu panen ternyata bapak-bapak TNI juga membagikan hasil panen kacang kepada kami masyarakat, agar boleh menikmati hasil panen bersama keluarga dirumah, kami ucapkan terimakasih banyak, Semoga Tuhan memberkati bapak-bapak TNI," ucap Jimmy.  

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 18 November 2021
Resmi Jadi Panglima TNI, Andika Perkasa Akan Lanjutkan Program Hadi Tjahjanto
Jum`at, 3 September 2021
Panglima TNI Raker di Komisi I DPR RI
Jum`at, 23 Juli 2021
Panglima TNI Serahkan Bantuan Tabung Oksigen dan Alkes kepada Masyarakat Papua
Selasa, 8 Juni 2021
Pekuat Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro di Daerah, Tim Gabungan TNI dan Polri Dilibatkan
Kamis, 27 Mei 2021
Panglima TNI dan Kapolri Kembali Kunjungi Papua