3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Pusinfomar TNI Terima Kunjungan Mahasiswa S-2 dan S-3 SKSG Universitas Indonesia

Kamis, 9 Desember 2021 12:18:45 - Oleh : admin - Dibaca : 196 kali

Pusinfomar TNI Terima Kunjungan Mahasiswa S-2 dan S-3 SKSG Universitas Indonesia

Pada hari Rabu, 08 Desember 2021 Pusat Informasi Maritim (Pusinfomar) TNI menerima kunjungan dari mahasiswa program S-2 dan S-3 Sekolah Kajian Strategik dan Global  (SKSG) Universitas Indonesia. Kapusinfomar TNI, Laksamana Pertama TNI Agoeng MKS didampingi Wakapusinfomar dan para Perwira Staf Pusinfomar TNI menyambut secara langsung rombongan mahasiswa yang dipimpin oleh Kepala Program Studi (Kaprodi) Kajian Pertahanan Nasional, Dr. Arthur Josias Simon Runturambi, M.Si. dan diikuti oleh beberapa perwakilan mahasiswa program S-2 dan S-3 SKSG Universitas Indonesia.

Kegiatan diawali dengan pembukaan serta sambutan oleh Kapusinfomar TNI dan Kaprodi Kajian Pertahanan Nasional SKSG Universitas Indonesia, dilanjutkan dengan pemaparan tentang Pantauan Situasi Keamanan Maritim di Perairan Indonesia dan sekitarnya oleh Kepala Bidang Pengumpulan Data Pusinfomar TNI, Kolonel Laut (P) Heru Syamsul Hidayat. Pada kesempatan ini pemapar menjelaskan tentang tugas pokok, kedudukan, fungsi dan alur kerja Pusinfomar TNI, anomali kapal-kapal asing yang diduga melakukan pelanggaran di perairan Indonesia serta perkembangan situasi keamanan maritim di Laut China Selatan dan Laut Natuna Utara. Selanjutnya dilaksanakan diskusi dan tanya jawab serta kunjungan ke Situation Room untuk melihat secara langsung proses workflow yang dilaksanakan di Pusinfomar TNI.

Seperti disampaikan oleh Kaprodi Kajian Pertahanan Nasional SKSG Universitas Indonesia bahwa kegiatan kunjungan ini bertujuan agar mahasiswa  mampu menganalisis isu-isu stratejik yang berpotensi mengancam ketahanan lembaga, daerah dan nasional, mampu membuat analisis kebijakan publik dan bisnis yang berwawasan ketahanan, mampu mengembangkan kepemimpinan strategis dan mengambil keputusan dalam situasi chaos dan conflict, serta mampu menganalisis potensi ancaman dan membuat sistem yang early warning. Selain itu kegiatan kunjungan ini merupakan bagian dari sistem pembelajaran dalam SKSG Universitas Indonesia, guna melengkapi ilmu yang didapatkan melalui para pengajar didalam kelas sekaligus meningkatkan komunikasi dan kerjasama antara SKSG Universitas Indonesia dengan Pusinfomar TNI. Kegiatan ini disambut baik oleh Pusinfomar TNI dengan menyampaikan berbagai informasi terkait bidang kemaritiman sesuai dengan tugas dan kewenangan yang diemban oleh Pusinfomar TNI.

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 18 November 2021
Resmi Jadi Panglima TNI, Andika Perkasa Akan Lanjutkan Program Hadi Tjahjanto
Jum`at, 3 September 2021
Panglima TNI Raker di Komisi I DPR RI
Jum`at, 23 Juli 2021
Panglima TNI Serahkan Bantuan Tabung Oksigen dan Alkes kepada Masyarakat Papua
Selasa, 8 Juni 2021
Pekuat Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro di Daerah, Tim Gabungan TNI dan Polri Dilibatkan
Kamis, 27 Mei 2021
Panglima TNI dan Kapolri Kembali Kunjungi Papua