c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Northcom Commander Tutup Latma Trilateral Crocodile Response 2022

Senin, 23 Mei 2022 08:39:40 - Oleh : admin - Dibaca : 218 kali

Northcom Commander Tutup Latma Trilateral Crocodile Response 2022

(Puspen TNI). Northern Command Commander Colonel Marcus Constable, CSC secara resmi menutup rangkaian Latihan Bersama (Latma) Trilateral Crocodile Response 2022 dalam suatu acara penutupan latihan, bertempat di Rowell Auditorium, Robertson Barrack, Darwin Australia (20/5/2022).

Latma yang bertajuk pemberian bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana yang berlangsung selama dua minggu ini melibatkan berbagai stakeholder baik militer maupun sipil di antaranya Tentara NasionaI Indonesia (TNI), Australia Defence Force (ADF), Marine Rotational Force Darwin (MRF-D), Departement of Foreign Affairs and Trade (DFAT), Basarnas, Australian Civil-Military Center (ACMC) dan USAID. 

Dalam sambutannya, Col. Constable menyampaikan bahwa Latihan Crocodile Response rutin digelar oleh ADF dan MRF-D dan baru di tahun ini TNI  berpartisipasi dalam kegiatan latihan tersebut. Kondisi ini menunjukan semakin eratnya hubungan kerjasama militer antara Australia, Amerika Serikat dan Indonesia, khususnya dalam bidang penanggulangan bencana dan pemberian bantuan kemanusiaan, dimana materi dan skenario yang dilatihkan kepada peserta latihan menitikberatkan pada mekanisme kontigensi dan interoperabilitas antar pihak yang terlibat dalam operasi bantuan kemanusiaan.

Di akhir sambutannya, Col. Constable menyampaikan ucapan terimakasih kepada peserta dari TNI, ADF, MRF-D serta seluruh lembaga yang terlibat.  Secara khusus ucapan terima kasih juga disampaikan kepada narasumber dari Departemen of Foreign Affairs and Trade (DFAT), Basarnas, UN Office for Coordinator Humanitarian Assistance (OCHA), ACMC dan USAID yang telah mendukung serta berbagi pengetahuan tentang bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana.

Mewakili pihak TNI, Letkol Laut (P) Saiful, S.T., Pabandya-3 Non Asean Ban VII Latma Sops TNI selaku ketua delegasi TNI juga menyampaikan terima kasih atas segala pengetahuan dan latihan yang telah diselenggarakan. 

 

 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Senin, 28 Februari 2022
RAPIM TNI POLRI TAHUN 2022
Selasa, 11 Januari 2022
Logo Mabes TNI
Kamis, 9 Desember 2021
Program Diklat Badiklat Kemhan TA.2022
Selasa, 23 November 2021
Foto Resmi Panglima TNI
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 2 Maret 2022
Presiden Hadiri Rapim TNI-Polri Tahun 2022
Kamis, 18 November 2021
Resmi Jadi Panglima TNI, Andika Perkasa Akan Lanjutkan Program Hadi Tjahjanto
Jum`at, 3 September 2021
Panglima TNI Raker di Komisi I DPR RI
Jum`at, 23 Juli 2021
Panglima TNI Serahkan Bantuan Tabung Oksigen dan Alkes kepada Masyarakat Papua
Selasa, 8 Juni 2021
Pekuat Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro di Daerah, Tim Gabungan TNI dan Polri Dilibatkan