c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Waspada Potensi Rob di Pesisir Brebes Fenomena Super Full Moon

Rabu, 22 Juni 2022 13:17:52 - Oleh : admin - Dibaca : 284 kali

Waspada Potensi Rob di Pesisir Brebes Fenomena Super Full Moon

Banjir rob Kembali genangi dua desa di pesisir Pantai Utara Jawa, yaitu di Desa  Randusanga Wetan dan Kulon, Kecamatan/Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Sertu Sulis Kurniawan, Babinsa setempat dari Koramil 01 Brebes Kodim 0713 Brebes, kembali menghimbau warga desa binaannya untuk terus siaga dan antisipasi dini jika sewaktu-waktu terjadi rob kembali mengingat adanya peringatan dari Pusdalops-PB BPBD Kabupaten Brebes, untuk mewaspadai peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir Provinsi Jateng pada rentang waktu 16-23 Juni 2022.

"Kita mengingatkan warga agar waspada, berdasarkan peringatan dari BPBD Brebes terkait fenomena super full moon yang berpotensi menyebabkan rob khususnya di pesisir Brebes," bebernya, Rabu (22/6/2022).

Lanjutnya, dari peringatan tersebut ada 7 desa di pesisir Brebes yang berpotensi yaitu Prapag Lor dan Prapag Kidul (Kecamatan Losari), Pulogading (Kecamatan Bulakamba), Krakahan (Kecamatan Tanjung), kemudian di Kecamatan Brebes yakni Desa Kaliwlingi, Randusanga Wetan, dan Randusanga Kulon.

Disampaikan Sulis kepada warga binaannya agar mengamankan barang-barang berharga jauh dari jangkauan air pasang, termasuk mengungsikan anggota keluarganya ke tempat yang lebih aman jika mulai terjadi pasang besar.

"Kita bersama aparat terkait terus mengingatkan warga di pesisir Randusanga agar menaruh barang-barang berharga di tempat yang tinggi, termasuk instalasi kelistrikan agar tidak membahayakan nyawa saat terendam air," terangnya.

Ditambahkannya, pihaknya bersama BPBD Brebes dan Polsek, terus bersiaga untuk melakukan mitigasi bencana apabila banjir rob susulan terjadi. Pasalnya, dari perkiraan selama periode 16-23 Juni 2022 itu, potensi pasang laut terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. 

 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 25 November 2022
Sambangi Cianjur, Panglima TNI Evaluasi Kekuatan Pasukan di Lokasi Gempa
Jum`at, 25 November 2022
Panglima TNI Tinjau Lokasi Gempa Cianjur Kirim Bantuan dan Bawa 8 Ribu Paket Makanan
Selasa, 8 November 2022
Panglima TNI cek alutsista pengamanan KTT G20
Rabu, 3 Agustus 2022
Dibuka Panglima TNI, Latma Super Garuda Shield Diikuti 14 Negara
Senin, 25 Juli 2022
Kunjungi Mabes TNI, Panglima Militer AS Sebut Indonesia Negara Penting dan Mitra Kerja Sama yang Baik