c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Untuk Kesiapsiagaan Prajurit Lanud Raden Sadjad Berlatih Penanggulangan Huru-hara di Natuna

Rabu, 3 Agustus 2022 10:31:36 - Oleh : admin - Dibaca : 40 kali

Untuk Kesiapsiagaan Prajurit Lanud Raden Sadjad Berlatih Penanggulangan Huru-hara di Natuna

Berawal dari laporan satuan Intel Lanud Raden Sadjad bahwa akan ada pergerakan massa dari pada warga masyarakat Kota Tua Penagi yang akan membuat kekacauan di sekitar wilayah Lanud Raden Sadjad dikarenakan aturan dan larangan melintas di Jalan Adi Sucipto Lanud Raden Sadjad sangat memberatkan masyarakat Penagi dan pengusaha yang bergerak dalam perdagangan di kota Ranai-Natuna. Selasa (2/8/2022).

Masyarakat tidak terima dengan aturan tersebut, sehingga mengerahkan massa diperkirakan 50 orang telah bergerak dengan sepeda motor serta mobil pickup menuju  Lanud Raden Sadjad dari jalan desa Pring Penagi menuju arah Lanud.

Massa sudah mendekat di depan pintu Pos Jaga belakang Lanud Raden Sadjad dengan membawa ban bekas dan beberapa kayu balok. Massa juga berteriak-teriak dan mengadakan orasi menuntut kebijakan dari pihak Lanud Raden Sadjad di depan Portal Pos Jaga yang telah ditutup oleh petugas jaga.

Dengan adanya kejadian tersebut, Kepala Dinas Operasi (Kadisops) melaporkan  kepada Komandan Lanud Raden Sadjad (Danlanud RSA).  Sebelumnya melalui perintah Dansathanlan Lanud Raden Sadjad telah melakukan gelar pasukan di lapangan apel di depan baseops dan selesai konsolidasi. 

Bergerak menuju lokasi pendemo terdiri dari Pasukan Pengendali Huru Hara (PHH) Lanud Raden Sadjad, satu tim Satpomau sebagai tim negosiasi, Intel, Hukum, Pentak dan tim kesehatan dengan mobil ambulance standby di dekat pos jaga Lanud Raden Sadjad.    

Setibanya di TKP, tim nego (Kepala Intelijen,  Kepala Hukum dan Perwira Pomau) melaksanakan negosiasi dan himbauan dengan pendemo, namun tidak berhasil. Dasathanlan selaku Komandan PHH segera bertindak menggerakkan seluruh kekuatan.

Mendapat perintah tersebut dengan sigap pasukan PHH Lanud Raden Sadjad menuju TKP dan melakukan tindakan tegas sesuai dengan tahapan tindakan serta prosedur yang berlaku.  Termasuk menyemprotkan water canon (mobil PK) kepada para pendemo sampai lemah dan terpecah.   

Satpomau dibantu dengan personel intel akhirnya dengan cepat menangkap beberapa orang pendemo yang disinyalir sebagai provokator untuk diamankan dan diproses di Satpomau.  Pomau mengambil alih perusuh yang dianggap provokator dan bersama Kaintel menelusuri duduk perkara yang sebenarnya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Adapun kejadian diatas adalah merupakan simulasi dari skenario latihan Penanggulangan Huru-Hara (PHH) di Lanud Raden Sadjad semester II tahun 2022.

Latihan PHH kali ini melibatkan sebanyak 70 orang personel Lanud Raden Sadjad baik Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS Lanud RSA. Latihan berjalan dengan aman dan lancar dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19 yang berlaku.

 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Senin, 28 Februari 2022
RAPIM TNI POLRI TAHUN 2022
Selasa, 11 Januari 2022
Logo Mabes TNI
Kamis, 9 Desember 2021
Program Diklat Badiklat Kemhan TA.2022
Selasa, 23 November 2021
Foto Resmi Panglima TNI
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 3 Agustus 2022
Dibuka Panglima TNI, Latma Super Garuda Shield Diikuti 14 Negara
Senin, 25 Juli 2022
Kunjungi Mabes TNI, Panglima Militer AS Sebut Indonesia Negara Penting dan Mitra Kerja Sama yang Baik
Senin, 18 Juli 2022
Presiden Jokowi Lantik 754 Perwira Remaja TNI dan Polri
Rabu, 2 Maret 2022
Presiden Hadiri Rapim TNI-Polri Tahun 2022
Kamis, 18 November 2021
Resmi Jadi Panglima TNI, Andika Perkasa Akan Lanjutkan Program Hadi Tjahjanto