c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Studium Generale Pasis Seskoau A-59, Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto, S.IP., Bahas Pemimpin di Era Milenial

Kamis, 4 Agustus 2022 14:58:11 - Oleh : admin - Dibaca : 124 kali

Studium Generale Pasis Seskoau A-59, Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto, S.IP., Bahas Pemimpin di Era Milenial

Pemimpin di era milenial saat ini sangat dipengaruhi dengan revolusi industri 4.0 dan society 5.0 yang mana terdapat perubahan-perubahan tata nilai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu kemudahan, kecepatan, kenyamanan berkat teknologi, peningkatkan demand quality dan quantity, mobilitas tinggi secara virtualy maupu reality, termasuk kesenjangan antara negara maju dan berkembang dapat terjadi disemua aspek kehidupan.

Penjelasan tersebut disampaikan Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto, S.IP., saat acara Studium Generale Pasis Seskoau Angkatan Ke-59 TP 2022 yang didampingi Danseskoau Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P., di Gedung Widya Mandala I, Seskoau, Lembang, Bandung Barat. Rabu (3/8/2022).

Dengan demikian, lanjut Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto, S.IP., maka diperlukan suatu sistem pertahanan dan keamanan yang dimiliki seorang pemimpin dengan mengkombinasi model konvensional dan cyber war, termasuk perlu diantisipasi ancaman-ancaman multidimensi.

Oleh karena itu, lanjutnya, perlu adanya integritas dari seorang pemimpin yaitu "satu kata dan perbuatan" yang ditopang dengan kejujuran, komitmen terhadap etika, dan konsisten.

"Kepercayaan diri itu penting, karena memiliki keyakinan akan keputusan yang diambil, tetapi tidak juga terlalu over confident agar organisasi dan anggota bersimpati, percaya serta bergerak by respect," ujarnya.

Seorang pemimpin, menurutnya juga harus dapat memberikan inspirasi, memiliki komitmen dan gairah, dapat bertindak sebagai penentu keputusan dengan mempertimbangkan berbagai masukan dan open minded, kemudian bertanggung jawab, kreatif, inovatif, mampu berkomunikasi dengan baik dan berempati.

Berdasarkan beberapa hal di atas, katanya, dikombinasikan dengan revolusi informasi teknologi maka diharapkan akan terbentuk pemimpin masa depan di era milenial yang berkarakter kuat.

"Bila kekayaan hilang, anda tidak kehilangan apa-apa, bila kesehatan hilang maka ada sesuatu yang hilang, tetapi jika anda kehilangan karakter maka anda kehilangan segalanya," tegasnya. Karakter yang dimaksud diantaranya berintegritas, memiliki komitmen, disiplin, dan rela berkorban.

Besar harapannya, seluruh Pasis Seskoau Angkatan ke-59 TP 2022 dapat menjadi pemimpin di era milenial yang berkarakter sehingga dapat terus membawa kemajuan bagi TNI dan TNI Angkatan Udara.

Pada kesempatan itu, Danseskoau menyampaikan rasa bangga dan terima kasih yang setinggi-tingginya atas berkenannya Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto, S.IP., telah meluangkan waktu berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman mengenai leadership di era milenial, sehingga menambah wawasan bagi Pasis Seskoau Angkatan ke-59 TP 2022.

Turut hadir dalam acara ini Wadanseskoau Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, S.T., M.M., M.Han., Kakordos Seskoau Marsma TNI Basuki Arijadi, M.Si (Han)., para pejabat Seskoau, Dosen dan Patun.

 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Senin, 28 Februari 2022
RAPIM TNI POLRI TAHUN 2022
Selasa, 11 Januari 2022
Logo Mabes TNI
Kamis, 9 Desember 2021
Program Diklat Badiklat Kemhan TA.2022
Selasa, 23 November 2021
Foto Resmi Panglima TNI
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 3 Agustus 2022
Dibuka Panglima TNI, Latma Super Garuda Shield Diikuti 14 Negara
Senin, 25 Juli 2022
Kunjungi Mabes TNI, Panglima Militer AS Sebut Indonesia Negara Penting dan Mitra Kerja Sama yang Baik
Senin, 18 Juli 2022
Presiden Jokowi Lantik 754 Perwira Remaja TNI dan Polri
Rabu, 2 Maret 2022
Presiden Hadiri Rapim TNI-Polri Tahun 2022
Kamis, 18 November 2021
Resmi Jadi Panglima TNI, Andika Perkasa Akan Lanjutkan Program Hadi Tjahjanto