c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Latihan Gabungan Sebagai Ajang Peningkatan Kemampuan Personel

Jum`at, 5 Agustus 2022 13:39:47 - Oleh : admin - Dibaca : 116 kali

Latihan Gabungan Sebagai Ajang Peningkatan Kemampuan Personel

BPBD Wonosobo menyelenggarakan latihan Gabungan Relawan Penanggulangan Bencana Korwil II yang meliputi wilayah kecamatan Kertek ,Kalikajar,Sapuran ,Kepil dan Kalibawang.  Acara dibuka oleh Bupati Afifi Nurhidayat bertempat di Desa Candimulyo Kertek selama 3 hari. Jumat (5/8/2022)

Latihan Gabungan Mandiri, sebagai upaya membentuk relawan muda yang tangguh dan tanggap kebencanaan, merupakan wujud dharma bakti  mereka kepada negeri ini dalam mengemban misi kemanusiaan, tutur Bupati 

Lanjut Afif, dorongan dan semangat para relawan, untuk mengabdikan dirinya kepada masyarakat, bangsa dan negara, membentuk jiwa solidaritas dan kesetiakawanan yang tinggi di tengah kehidupan bermasyarakat.

Untuk itu, pinta Afif, baik camat maupun kepala desa diminta memiliki relawan muda yang tangguh dan tanggap dengan kebencanaan. Sehingga, setiap terjadi bencana alam bisa segera terkoordinasi dan teratasi. Selain relawan kebencanaan, Afif juga menekankan, perlunya tenaga kesehatan di tingkat desa.

Diharapkan, semua relawan mampu memahami dan mempraktikkan materi yang diberikan instruktur dengan maksimal. Rencananya, dukungan sarana dan prasarana akan dipetakan secara bertahap dan difasilitasi oleh Pemkab Wonosobo.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo Bambang Triyono mengungkapkan, kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut dari proses rekrutmen relawan tangguh bencana pada Juni silam. Ditargetkan semua relawan mendapatkan pelatihan menyeluruh Pada 2023 mendatang.

Jelas Bambang, bentuk pelatihan yang diberikan merujuk pada standar Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meliputi pembuatan alur laporan bencana, asesmen, dokumentasi media, pertolongan dalam pencarian, evakuasi bencana kecelakaan di air dan darat. Latihan Gabungan Mandiri Korwil II dilaksanakan dari tanggal 5 - 7 Agustus 2022.   Dengan peserta perwakilan dari Kecamatan Kertek, Kalikajar,Sapuran ,Kepil dan Kalibawang.

Danramil 06/Kertek Kapten Arm Purwantoro saat mendamping acara pembukaan menyampaikan TNI khususnya Koramil siap mendukung kegiatan yang bersifat kemanusiaan.  Seperti latihan BPBD ini dilaksanakan agar para relawan bisa memberikan pertolongan saat bencana dengan sigap dan benar sehingga korban bisa diminimalisir.

Semoga dengan adanya latihan gabungan ini para relawan semakin kompak dan profesional  sehingga bilamana ada bencana segera teratasi dengan tuntas, pungkas Danramil Kertek.

 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Senin, 28 Februari 2022
RAPIM TNI POLRI TAHUN 2022
Selasa, 11 Januari 2022
Logo Mabes TNI
Kamis, 9 Desember 2021
Program Diklat Badiklat Kemhan TA.2022
Selasa, 23 November 2021
Foto Resmi Panglima TNI
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 3 Agustus 2022
Dibuka Panglima TNI, Latma Super Garuda Shield Diikuti 14 Negara
Senin, 25 Juli 2022
Kunjungi Mabes TNI, Panglima Militer AS Sebut Indonesia Negara Penting dan Mitra Kerja Sama yang Baik
Senin, 18 Juli 2022
Presiden Jokowi Lantik 754 Perwira Remaja TNI dan Polri
Rabu, 2 Maret 2022
Presiden Hadiri Rapim TNI-Polri Tahun 2022
Kamis, 18 November 2021
Resmi Jadi Panglima TNI, Andika Perkasa Akan Lanjutkan Program Hadi Tjahjanto