c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Kapusjianstralitbang TNI : TNI Perlu Membangun Sistem Pertahanan Udara Nasional Yang Modern dan Handal

Kamis, 11 Agustus 2022 08:07:04 - Oleh : admin - Dibaca : 149 kali

Kapusjianstralitbang TNI :  TNI Perlu Membangun Sistem Pertahanan Udara Nasional Yang Modern dan Handal

(Puspen TNI). Tugas yang akan dihadapi TNI di masa depan akan semakin berat dan kompleks, maka TNI perlu membangun pertahanan udara yang modern, handal dan dapat menghadapi berbagai perkembangan ancaman udara pada masa mendatang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Pengkajian Strategis, Penelitian dan Pengembangan (Kapusjianstralitbang) TNI Mayjen TNI Agape Zacharia R. Dondokambey, S.E., M.Han. Saat membuka FGD (Focus Group Discussion) tentang Membangun Sistem Pertahanan Udara guna Menghadapi Perkembangan Ancaman Udara dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI, bertempat di Auditorium Pusjianstralitbang TNI, Jakarta Pusat, Rabu (10/8/2022).

Kapusjianstralitbang TNI mengatakan bahwa dihadapkan dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis global, terdapat tantangan yang besar bagi sistem pertahanan udara TNI. "Tantangan tersebut adalah adanya perkembangan karakteristik ancaman udara saat ini, selain ancaman konvensional kita mengenal adanya ancaman hibryda, sehingga perlu menyesuaikan kemampuan kita dengan kondisi saat ini," ucapnya.

Menurutnya, pembangunan sistem pertahanan udara TNI yang handal merupakan konsekuensi logis untuk mewujudkan TNI yang kuat. Namun hingga saat ini unsur-unsur pertahanan udara TNI sebagai penyelenggara pertahanan terpadu atas wilayah udara nasional belum seluruhnya terintegrasi dalam suatu sistem yang baik. "Sehingga operasi pertahanan udara yang mempunyai kesatuan sistem komando, pemusatan kekuatan dan desentralisasi belum diwujudkan secara optimal," katanya.

Pada FGD ini, Kapusjianstralitbang TNI berharap dapat menjawab pokok-pokok permasalahan dari konsep kajian OMP dengan tema Sishanud TNI, sehingga hasilnya dapat bermanfaat dan mendukung dalam pembuatan kajian untuk menghasilkan saran kepada komando atas tentang strategi TNI dalam rangka membangun sistem pertahanan udara.

Sebagai Narasumber pada FGD kali ini yaitu Kas Koopsudnas Marsda TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M. (membangun Sishanud guna menghadapi ancaman udara dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI), Ksd Sunjakbang Hanneg Ditjakstrahan Kemhan RI Kolonel Laut (P) Dr. Sugeng Suryanto, S.A.P., M.A.P. (kebijakan strategis pertahanan penguatan sistem pertahanan Udara TNI AU) dan Ksd Binsiapsat dan Alutsista Sdirsen, Pussenarhanud TNI AD Kolonel Arh M. Hasyim L, S.E., M.M., M,Sc. (gelar & interoperability Alutsista Hanud TNI AD dalam menghadapi perkembangan ancaman udara).

Turut hadir pada acara tersebut, Waka Pusjianstralitbang TNI Marsma TNI Hendro Arief H., S.Sos., M.Han., M.A., Dirjianstra Laksma TNI Joni Sudiyanto, dan Dirlitbang Brigjen TNI Eko Setiawan Airlangga.

 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Kamis, 22 September 2022
INDODEFENCE 2022 EXPO & FORUM
Selasa, 20 September 2022
Logo dan Banner HUT ke-77 TNI Tahun 2022
Senin, 28 Februari 2022
RAPIM TNI POLRI TAHUN 2022
Selasa, 11 Januari 2022
Logo Mabes TNI
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 3 Agustus 2022
Dibuka Panglima TNI, Latma Super Garuda Shield Diikuti 14 Negara
Senin, 25 Juli 2022
Kunjungi Mabes TNI, Panglima Militer AS Sebut Indonesia Negara Penting dan Mitra Kerja Sama yang Baik
Senin, 18 Juli 2022
Presiden Jokowi Lantik 754 Perwira Remaja TNI dan Polri
Rabu, 2 Maret 2022
Presiden Hadiri Rapim TNI-Polri Tahun 2022
Kamis, 18 November 2021
Resmi Jadi Panglima TNI, Andika Perkasa Akan Lanjutkan Program Hadi Tjahjanto