c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Bakamla RI Gelar Latihan Identifikasi Narkoba di Laut

Kamis, 11 Agustus 2022 15:21:40 - Oleh : admin - Dibaca : 128 kali

Bakamla RI Gelar Latihan Identifikasi Narkoba di Laut

Badan Keamanan Laut RI (Bakamla RI) melalui Direktorat Latihan berkolaborasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) RI menyelenggarakan Latihan Bersama Teknik Identifikasi Narkoba di Laut Tahun 2022. Kegiatan diselenggarakan di Aula 2 Mabes Bakamla RI, Jakarta Pusat, Rabu (10/8/2022).

Dalam sambutan Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia yang dibacakan Deputi Opslat Laksda Bakamla I Gusti Kompiang Aribawa, CHRMP menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan latihan bersama sebagaimana yang telah diamanahkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2022. Dimana latihan bersama  diselenggarakan guna mendukung tugas operasional penegakan hukum di laut khususnya dalam menangani masalah penyeludupan Narkoba melalui laut.

Sebagaimana telah diketahui bahwa peredaran Narkoba merupakan kejahatan lintas negara yang terorganisir dengan modus operasi yang terus berkembang dan terstruktur, serta didukung oleh jaringan organisasi kriminal atau mafia baik nasional maupun internasional. Tren peredaran Narkoba dari luar negeri ke Indonesia yang semula melalui udara mulai bergeser melalui laut. Oleh karena itu, aparat penegak hukum di laut harus dapat mengantisipasi dan mengetahui bagaimana penanganannya dengan dibekali dengan pengetahuan dan pemahaman yang tepat tentang permasalahan Narkoba.

"Permasalahan Narkoba di Indonesia tidak bisa ditangani sendiri, diperlukan kerjasama dari seluruh pemangku kepentingan dan juga peran serta masyarakat. Namun sebagai aparat penegak hukum, kita harus siap selalu melawan segala bentuk kejahatan, salah satunya permasalahan Narkoba," jelasnya. 

Kepala Bakamla RI juga menyampaikan dalam isi sambutannya, agar latihan bersama ini dapat memberikan pengetahuan penting bagi para peserta dalam mengenali berbagai jenis Narkoba dan New Psychoactive Subtances (NPS) dan cara mendeteksinya sehingga para petugas di lapangan nantinya memiliki kemampuan dalam menangani kasus Narkoba khususnya di laut serta mewujudkan Indonesia Bebas dari Narkoba (Bersinar).

Latihan diikuti puluhan peserta dari Bakamla RI yang berdinas di Kapal Negara dan Kantor Kamla Zona Maritim Barat, Tengah dan Timur. Kemudian peserta dari Kementerian dan Lembaga terkait seperti TNI AL, Polair, PSDKP, KPLP dan Bea Cukai.

Turut menghadiri pembukaan Latihan Bersama Deputi Inhuker Bakamla RI Laksda Bakamla Drs. I Putu Arya Angga S, Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla RI Laksda Bakmla Tatit Eko Witjaksono, S.E., M.Tr (Han), Direktur Latihan Bakamla RI Laksma Bakamla Suwito, S.E., M.Si. (Han), Kepala Unit Penindakan Hukum Laksma Bakamla Iman Wahyudi, S.I.K., M.Si., M.H., Direktur Penelitihan dan Pengembangan Bakamla RI Laksma Bakamla Oki Samudra dan Direktur Kerjasama Bakamla RI Laksma Bakamla Purwanto Djoko P.

Adapun perwakilan dari K/L terkait Direktur Pemantauan dan Operasi Armada Dr Pung Nugroho, Polair AKBP Norman Tri Sapto Narfati, TNI AL Letkol Laut (P) Rivo, Bea Cukai Bapak Prijo serta narasumber atau pengajar dari BNN Kompol Yoyok Budiarto dan AKP Heris Setya.

 

 

 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Kamis, 22 September 2022
INDODEFENCE 2022 EXPO & FORUM
Selasa, 20 September 2022
Logo HUT ke-77 TNI Tahun 2022
Senin, 28 Februari 2022
RAPIM TNI POLRI TAHUN 2022
Selasa, 11 Januari 2022
Logo Mabes TNI
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 3 Agustus 2022
Dibuka Panglima TNI, Latma Super Garuda Shield Diikuti 14 Negara
Senin, 25 Juli 2022
Kunjungi Mabes TNI, Panglima Militer AS Sebut Indonesia Negara Penting dan Mitra Kerja Sama yang Baik
Senin, 18 Juli 2022
Presiden Jokowi Lantik 754 Perwira Remaja TNI dan Polri
Rabu, 2 Maret 2022
Presiden Hadiri Rapim TNI-Polri Tahun 2022
Kamis, 18 November 2021
Resmi Jadi Panglima TNI, Andika Perkasa Akan Lanjutkan Program Hadi Tjahjanto