c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Penutupan Latihan Bersama Super Garuda Shield

Senin, 15 Agustus 2022 14:03:01 - Oleh : admin - Dibaca : 238 kali

Penutupan Latihan Bersama Super Garuda Shield

(Puspen TNI). Dankodiklatad Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A., bersama Deputy Commander of Operations of the US Army for the Pacific, Lieutenant General James B Jerrad,  bertindak selaku Inspektur Upacara saat menutup secara resmi Latma Super Garuda Shield, bertempat di Lapangan Puslatpur Kodiklatad Baturaja Sumatera, Minggu (14/8/2022).

Dalam sambutannya, Dankodiklatad Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A. menyampaikan bahwa Latgabma Super Garuda Shield Tahun 2022 bukan hanya sekedar untuk meningkatkan kemampuan  interoperabilitas masing-masing Angkatan Bersenjata, tetapi juga dalam rangka meningkatkan kemitraan strategis multilateral, melalui komitmen persahabatan dan rasa salingpercaya sebagai partner strategis yang berperan penting bagi harmoni pertahanan dan keamanan.

"Saya berharap Latgabma Super Garuda Shield Tahun 2022 ini dapat terus kita tingkatkan sebagai bentuk kerjasama dan kemitraan strategis dalam memperkuat interoperabilitas serta diplomasi militer dalam menciptakan perdamaian dan stabilitas keamanan", ucap Letjen TNI Ignatius Yogo.

Sementara itu, Deputy Commander of Operations of the US Army for the Pacific, Lieutenant General James B Jerrad menyampaikan bahwa Terima kasih  kepada seluruh pihak yang telah mensukseskan latihan ini dan juga kepada negara yang berpartisipasi sebagai peserta latihan yaitu Singapura, Australia dan Jepang, serta bagi negara sebagai observer Kanada, Malaysia, Papua New Guinea, Timor Leste, United Kingdom, New Zealand, Korea, India dan Perancis.

"Tahun ini super garuda Shield ini memang adalah sesuatu hal yang super, dapat kita telah melihat 30 menit highlight di videotron tentang aksi kerjasama yang baik yang sangat super yang meningkatkan kemampuan kita dan tanggung jawab kita apapun tantangan nya di masa mendatang", ucap General Jerrad.

Lebih lanjut Lieutenant General James B Jerrad menyampaikan bahwa dalam menghadapi tantangan di masa mendatang akan lebih efektif apabila ada kombinasi gabungan, super garuda shield berhasil menggabungkan hal ini, menggabungkan kemampuan masing-masing angkatan bersenjata dan menjalin sinkronisasi dan meningkatkan masing masing kemampuan angkatan di saat yang tepat dan waktu yang tepat dan dalam latihan ini dapat terlihat mampu melakukannya.

Bertindak sebagai Komandan Upacara Kolonel Inf Faizal Izuddin, dengan pasukan batalyon upacara terdiri dari Batalyon Gabungan 1 terdiri dari Kompi 1 : Danki dari TNI AD, 1 Ton TNI AD, 1 Ton US Army, 1 Ton Australian Army; Kompi 2 : Danki dari Singapore Army, 1 Ton US Army, 1 Ton Singapore Army, 1 Ton TNI AD; Kompi 3 : Danki dari TNI AL, 1 Ton Australian Army, 1 Ton TNI AL, 1 Ton US Army.

Sedangkan Batalyon Gabungan 2 yaitu terdiri Dari Kompi 1 : Danki dari Australia, 1 Ton US Army, 1 Ton TNI AD, 1 Ton Australian Army; Kompi 2 : Danki Dari TNI AU, 1 Ton Singapore Army, 1 Ton TNI AU, 1 Ton US Army; Kompi 3 : Danki Dari Usa, 1 Ton TNI AD, 2 Ton US Army.

Garuda Shield adalah latihan bersama tahunan antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Komando Indo-Pasifik AS (INDOPACOM), yang dirancang untuk memperkuat interoperabilitas, kemampuan, rasa saling percaya, dan kerja sama yang telah dibangun dari pengalaman bersama selama beberapa dekade serta menciptakan komunikasi antar persnil negara personel latihan dalam suatu operasi.

 

 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Kamis, 22 September 2022
INDODEFENCE 2022 EXPO & FORUM
Selasa, 20 September 2022
Logo HUT ke-77 TNI Tahun 2022
Senin, 28 Februari 2022
RAPIM TNI POLRI TAHUN 2022
Selasa, 11 Januari 2022
Logo Mabes TNI
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 3 Agustus 2022
Dibuka Panglima TNI, Latma Super Garuda Shield Diikuti 14 Negara
Senin, 25 Juli 2022
Kunjungi Mabes TNI, Panglima Militer AS Sebut Indonesia Negara Penting dan Mitra Kerja Sama yang Baik
Senin, 18 Juli 2022
Presiden Jokowi Lantik 754 Perwira Remaja TNI dan Polri
Rabu, 2 Maret 2022
Presiden Hadiri Rapim TNI-Polri Tahun 2022
Kamis, 18 November 2021
Resmi Jadi Panglima TNI, Andika Perkasa Akan Lanjutkan Program Hadi Tjahjanto