c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

TNI AL Turut Lestarikan Budaya Lokal, Hadiri Pethik Laut Larung Samudra.

Senin, 15 Agustus 2022 12:55:52 - Oleh : admin - Dibaca : 104 kali

TNI AL Turut Lestarikan Budaya Lokal, Hadiri Pethik Laut Larung Samudra.

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal)  Yogyakarta hadiri acara Pethik Laut Larung Samudra dalam rangka Nguri-Uri Tradisi Budaya yang diselenggarakan di Pelabuhan Perikanan Pantai Sadeng Kalurahan Songbanyu Kapanewon Girisubo Gunung Kidul yang dihadiri oleh KPH Yudhonegoro Ph.D. Jumat (12/08).

Acara yang diawali kirab dari Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Sadeng Gunung Kidul menuju PPI Sadeng dengan Kereta Kencana yang diikuti oleh Bregodo Demang Wonopawiro disambut dengan tarian tayub, acara ritual Pethik Laut dan prosesi Sedekah Laut (Larungan) di laut. 

Kegiatan Larung Sesaji di tengah laut selatan yang dilakukan oleh nelayan PPI Sadeng ini merupakan agenda tahunan dimaksudkan sebagai tanda syukur atas segala rahmat dan rejeki yang telah diberikan kepada para nelayan oleh Tuhan Yang Maha Esa. 

Komandan Lanal Yogyakarta Kolonel Laut (KH/W) Damayanti, S.H., M.M., CHRMP yang diwakili Palaksa Lanal Yogyakarta Letkol Laut (P) Agus Sulistyo Budi, S.H. didampingi Ketua Cabang 8 Korcab V DJA II Ny. Auliya Agus Sulistyo Budi beserta pengurus, menyampaikan selamat dan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan ini, hal ini menunjukkan bahwa budaya daerah masih terpelihara dengan baik. Kegiatan seperti ini juga dapat dijadikan ajang promosi wisata pantai/maritim wilayah Sadeng/Gunung Kidul. Semoga nelayan wilayah Sadeng Gunung Kidul bisa menjaga keistimewaan, keharmonisan antar nelayan juga dalam hal kebudayaan demi kemajuan bersama dan sesuai harapan serta visi dan misi Bapak Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Upacara prosesi ini dihadiri oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Prov Daerah Istimewa Yogyakarta, Dinas Kelautan dan Perikanan Kab Gunungkidul, Forkompinda,  Forkompinca Kecamatan Girisubo, Danposal Sadeng beserta Anggota juga Prajurit Lanal Yogyakarta, serta nelayan Sadeng dan keluarga.

 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Kamis, 22 September 2022
INDODEFENCE 2022 EXPO & FORUM
Selasa, 20 September 2022
Logo HUT ke-77 TNI Tahun 2022
Senin, 28 Februari 2022
RAPIM TNI POLRI TAHUN 2022
Selasa, 11 Januari 2022
Logo Mabes TNI
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 3 Agustus 2022
Dibuka Panglima TNI, Latma Super Garuda Shield Diikuti 14 Negara
Senin, 25 Juli 2022
Kunjungi Mabes TNI, Panglima Militer AS Sebut Indonesia Negara Penting dan Mitra Kerja Sama yang Baik
Senin, 18 Juli 2022
Presiden Jokowi Lantik 754 Perwira Remaja TNI dan Polri
Rabu, 2 Maret 2022
Presiden Hadiri Rapim TNI-Polri Tahun 2022
Kamis, 18 November 2021
Resmi Jadi Panglima TNI, Andika Perkasa Akan Lanjutkan Program Hadi Tjahjanto