c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Bakamla RI Gelar Latihan ICS dengan USCG

Selasa, 16 Agustus 2022 09:03:16 - Oleh : admin - Dibaca : 105 kali

Bakamla RI Gelar Latihan ICS dengan USCG

Indonesia sebagai negara kepulauan, selain memiliki letak geografis yang strategis juga memiliki kerentanan terhadap terjadinya beberapa insiden yang terjadi di laut. Menanggapi tantangan tersebut, Bakamla RI terus melakukan peningkatan kapasitas personel, kali ini khususnya dalam menghadapi terjadinya insiden di laut.

Latihan Incident Command System (ICS) dilangsungkan sebagai salah satu solusi dalam menanggulangi insiden yang terjadi di laut. Kegiatan ini merupakan buah dari kerja sama Bakamla RI dengan United States Coast Guard (USCG). Seremoni Pembukaan Latihan berlangsung di Aula 2 Mabes Bakamla RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/8/2022).

Mewakili Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia, kegiatan dibuka oleh Deputi Operasi dan Latihan Bakamla RI Laksda Bakamla I Gusti Kompiang Aribawa, CHRMP. "Saya ucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik antara Bakamla RI dengan USCG, di tahun ini kita dapat menyelenggarakan kegiatan bersama, latihan ICS ini", ucap Laksda Bakamla Kompiang membacakan sambutan Kepala Bakamla RI.

"Kerentanan terjadinya insiden di laut, selain dikarenakan faktor bencana alam, dapat pula terjadi karena kecerobohan manusianya", lanjut Laksda Bakamla Kompiang. Beberapa insiden yang terjadi di laut antara lain seperti tabrakan kapal, kapal terbakar, kapal kandas, kapal tenggelam, dan juga insiden yang terjadi akibat kegiatan di pelabuhan.

Dalam kesempatan ini, jajaran pengajar didatangkan dari Mobile Training Team (MTT) USCG. Selain itu, kegiatan Latihan ICS ini diikuti oleh para peserta yang terdiri dari personel operasional yang berdinas di Markas Besar, Kantor Kamla Zona Maritim, Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL), dan Stasiun Bumi Bakamla RI.

Lebih lanjut, pemahaman dan pengetahuan mengenai ICS dapat memperkuat sistem manajemen tanggap darurat di Indonesia. Diharapkan para peserta setelah mengikuti pelatihan ini, dapat mengimplimentasikan pengetahuan tentang ICS dan memperkaya pengetahuan serta keterampilan, khususnya dalam penanganan insiden di perairan Indonesia. 

Kegiatan Pembukaan Pelatihan ICS ini turut dihadiri oleh perwakilan dari Kedutaan Besar Amerika Serikat Atase Pertahanan CDR Patrick Panjeti, jajaran staf Kedutaan Besar Amerika Serikat, serta jajaran Pejabat Eselon I dan II Bakamla RI. 

 

 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Kamis, 22 September 2022
INDODEFENCE 2022 EXPO & FORUM
Selasa, 20 September 2022
Logo HUT ke-77 TNI Tahun 2022
Senin, 28 Februari 2022
RAPIM TNI POLRI TAHUN 2022
Selasa, 11 Januari 2022
Logo Mabes TNI
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 3 Agustus 2022
Dibuka Panglima TNI, Latma Super Garuda Shield Diikuti 14 Negara
Senin, 25 Juli 2022
Kunjungi Mabes TNI, Panglima Militer AS Sebut Indonesia Negara Penting dan Mitra Kerja Sama yang Baik
Senin, 18 Juli 2022
Presiden Jokowi Lantik 754 Perwira Remaja TNI dan Polri
Rabu, 2 Maret 2022
Presiden Hadiri Rapim TNI-Polri Tahun 2022
Kamis, 18 November 2021
Resmi Jadi Panglima TNI, Andika Perkasa Akan Lanjutkan Program Hadi Tjahjanto