c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Kolakops Korem 174/ATW Libatkan Instansi Pemerintah Beri Pembekalan Kepada Satgas Pamtas RI-PNG

Selasa, 13 September 2022 13:54:32 - Oleh : admin - Dibaca : 135 kali

Kolakops Korem 174/ATW Libatkan Instansi Pemerintah Beri Pembekalan Kepada Satgas Pamtas RI-PNG

Bertempat di Aula L.B Moerdani Makorem 174/ATW Jl. Poros Distrik Tanah Miring, Kab. Merauke, Papua, telah dilaksanakan pembekalan dan pengarahan kepada Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY dan Yonif 725/WRG yang diselenggarakan oleh Kolakops Korem 174/ATW, Senin (12/9/2022). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan gambaran kepada seluruh Prajurit Satgas Pamtas guna menunjang keberhasilan dalam pelaksanaan tugas.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Letkol Inf Lambert J. Mailoa (Kasiter Kasrem 174/ATW) mewakili Dankolakops Korem 174/ATW Brigjen TNI E. Reza Pahlevi, S.E., diikuti oleh Prajurit Satgas Pamtas yang siap ditempatkan di pos-pos sepanjang perbatasan RI-PNG Sektor Selatan Papua untuk memberikan keamanan wilayah satuan teritorial Kolakopsrem 174/ATW. Pembekalan dihadiri Letkol Inf Rully Noriza (Dansatgas Yonif 511/DY),  Mayor Inf Syafrudin Mutasidasi (Dansatgas Yonif 725/WRG), para Perwira dan Anggota Satgas Pamtas RI-PNG.

Jhon Gluba Gebze (Tokoh Masyarakat Papua Selatan) menyampaikan tentang kultur budaya, kearifan lokal masyarakat adat di wilayah Merauke dan Boven Digoel yang berdomisili di wilayah perbatasan memiliki hubungan kekeluargaan, kultur budaya dan adat istiadat yang sama dengan masyarakat PNG yang berdomisili di wilayah perbatasan. Diharapkan Satgas Pamtas RI-PNG Sektor Selatan sejumlah 900 orang  yang akan bertugas selama 9 bulan kedepan dapat berinteraksi dan berkomunikasi sosial yang baik dengan masyarakat sehingga terwujud keamanan dan ketahanan bangsa demi tegaknya NKRI di wilayah perbatasan negara.

Paulus Tangke (Polhut Penyelia KSDA Merauke) menjelaskan  tentang tupoksi dari KSDA Merauke yang meliputi konservasi terhadap sumber daya alam termasuk satwa dan flora terutama satwa dan flora endemik yang masuk dalam perlindungan, aturan tentang pelanggaran terhadap penyelundupan atau perdagangan satwa dan flora yang dilindungi. Kerjasama antar Negara juga telah dibuat terhadap perlindungan satwa dan flora yang terancam kepunahan, komoditi atau olahan kerajinan dari satwa bisa dibawa keluar Merauke namun tetap ada prosedur dan aturan yang berlaku.

Ni Luh Puspa Jayaningsih, ST., MM. (Kepala PLBN Sota) menyampaikan saat ini Pos Lintas Batas Negara di seluruh Indonesia berjumlah 11 PLBN, dimana di Papua telah beroperasional dua PLBN yaitu PLBN Slow dan PLBN Sota dan direncanakan kedepannya akan diresmikan satu PLBN di Kampung Yetetkun, Distrik Ninati, Kab. Boven Digoel.

 

 

 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 2 Desember 2022
Panglima TNI Bersama KSAL Lepas Satgas MTF TNI Konga 28 N ke Lebanon
Jum`at, 25 November 2022
Sambangi Cianjur, Panglima TNI Evaluasi Kekuatan Pasukan di Lokasi Gempa
Jum`at, 25 November 2022
Panglima TNI Tinjau Lokasi Gempa Cianjur Kirim Bantuan dan Bawa 8 Ribu Paket Makanan
Selasa, 8 November 2022
Panglima TNI cek alutsista pengamanan KTT G20
Rabu, 3 Agustus 2022
Dibuka Panglima TNI, Latma Super Garuda Shield Diikuti 14 Negara