c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Tingkatkan Performa Material Alat Berat, Prajurit Yonzeni 2 Marinir Laksanakan Pengecekan Kelayakan Material

Senin, 26 September 2022 14:00:11 - Oleh : admin - Dibaca : 115 kali

Tingkatkan Performa Material Alat Berat, Prajurit Yonzeni 2 Marinir Laksanakan Pengecekan Kelayakan Material

Penggunaan kendaraan taktis maupun alat berat dalam jangka waktu yang lama tentunya akan membuat kondisi material tersebut menjadi tidak semaksimal pengoprasian seperti sebelumnya. Karenanya diperlukan perawatan yang rutin untuk menjaga kondisi kendaraan yang digunakan agar bisa tampil prima. Menyadari pentingnya hal tersebut Prajurit  Batalyon Zeni 2 Marinir (Yonzeni 2 Mar) mengadakan pemeliharaan dan perawatan (Harwat) kendaraan taktis dan Alat berat bertempat di garasi alat berat Yonzeni 2 Mar, Kesatrian Sutedi Senaputra Karangpilang, Surabaya, Senin (26/09/2022).

Pemeliharaan dan perawatan kendaraan dan alat berat ini meliputi perawatan harian dan perawatan berkala. Perawatan harian merupakan perawatan yang dilakukan setiap hari sebelum material digunakan, perawatan ini bertujuan untuk mengetahui apakah keadaan kendaraan tersebut siap untuk dioperasikan atau tidak. Pemeriksaan tersebut meliputi pengecekan oli, air radiator, bahan bakar, pemeriksaan baterai dan lain lain. Sedangkan perawatan berkala yaitu perawatan yang dilakukan setiap kali alat atau kendaraan digunakan dalam jumlah jam operasi tertentu diantaranya penggantian oli mesin, pemeriksaan sistem hidrolik, rem dan lain-lain.

Letkol Marinir Eko Puji S, MM, S.H, M.Tr.Opsla., selaku Komandan Batalyon 2 Mar mengatakan tujuan dari Harwat material ini agar material yang dipercayakan kepada Yonzeni 2 Mar dapat tampil prima serta dapat mendukung tugas-tugas yang diberikan oleh satuan atas dan mendukung kinerja pengawak saat mengawaki suatu material tersebut.

"Perawatan juga memberikan usia kedua pada kendaraan, yaitu dengan melakukan penggantian atau pemakaian komponen yang sesuai dengan petunjuk pemakaian komponen menurut standar pabrik." Pungkas Danyonzeni 2 Mar.

 

 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 2 Desember 2022
Panglima TNI Bersama KSAL Lepas Satgas MTF TNI Konga 28 N ke Lebanon
Jum`at, 25 November 2022
Sambangi Cianjur, Panglima TNI Evaluasi Kekuatan Pasukan di Lokasi Gempa
Jum`at, 25 November 2022
Panglima TNI Tinjau Lokasi Gempa Cianjur Kirim Bantuan dan Bawa 8 Ribu Paket Makanan
Selasa, 8 November 2022
Panglima TNI cek alutsista pengamanan KTT G20
Rabu, 3 Agustus 2022
Dibuka Panglima TNI, Latma Super Garuda Shield Diikuti 14 Negara