c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Makna Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Senin, 3 Oktober 2022 10:07:32 - Oleh : admin - Dibaca : 182 kali

Makna Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober juga diperingati masyarakat Kabupaten Brebes Jawa Tengah, dengan pelaksanaan upacara bendera di 17 wilayah kecamatan. Sabtu  (1/10/2022).

Seperti di Alun-alun Brebes, Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti SE.MH, menjadi inspektur upacara, guna memimpin segenap komponen yang ada seperti ASN, TNI-Polri, sejumlah organisasi kepemudaan dan masyarakat, dan juga para pelajar, memaknai hari saktinya Pancasila.

Selepas pelaksanaan upacara, Dandim Brebes Letkol Infanteri Tentrem Basuki mengemukakan bahwa tema peringatan kali ini adalah "Bangkit Bergerak Bersama Pancasila". Maksud tema tersebut adalah bahwa ideologi Pancasila merupakan jati diri bangsa dan pemersatu kebhinekaan Indonesia.

Dahulu, Pancasila dirumuskan sebagai dasar perjuangan bangsa, yakni untuk menyatukan perbedaan suku, ras, golongan, agama, dan adat istiadat, sehingga menjadi suatu kekuatan yang hebat untuk mengusir penjajah.

Sampai dengan saat ini pun, nilai-nilai Pancasila itu masih tetap tak terbantahkan karena mampu menjadi pedoman dalam mengatasi berbagai macam persoalan bangsa serta sebagai landasan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat.

"Upacara yang diperingati hari ini sebagai refleksi diri mengingat sejarah dimana betapa besar pengorbanan para pahlawan bangsa untuk menjaga kedaulatan NKRI," ujarnya.

Tentrem Basuki menegaskan, dalam menghadapi situasi apapun jangan mudah terprovokasi sehingga mudah terpecah belah. Saring dulu informasi dan pastikan kebenarannya sebelum di share ke orang lain karena dapat menimbulkan keresahan, kerusuhan, rusaknya persatuan dan kesatuan kebhinekaan.

 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 2 Desember 2022
Panglima TNI Bersama KSAL Lepas Satgas MTF TNI Konga 28 N ke Lebanon
Jum`at, 25 November 2022
Sambangi Cianjur, Panglima TNI Evaluasi Kekuatan Pasukan di Lokasi Gempa
Jum`at, 25 November 2022
Panglima TNI Tinjau Lokasi Gempa Cianjur Kirim Bantuan dan Bawa 8 Ribu Paket Makanan
Selasa, 8 November 2022
Panglima TNI cek alutsista pengamanan KTT G20
Rabu, 3 Agustus 2022
Dibuka Panglima TNI, Latma Super Garuda Shield Diikuti 14 Negara