c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Kenang Pahlawan Revolusi Danmenbanpur 2 Marinir Pimpin Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Senin, 3 Oktober 2022 10:11:05 - Oleh : admin - Dibaca : 110 kali

Kenang Pahlawan Revolusi Danmenbanpur 2 Marinir Pimpin Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Dalam upaya mengenang peristiwa kelam G 30 S/PKI tahun 1965 dengan gugurnya para pahlawan revolusi demi mempertahankan dasar ideologi negara Indonesia yaitu Pancasila. Prajurit Resimen Bantuan Tempur 2 Marinir (Menbanpur 2 Mar) memperingati Hari Kesaktian Pancasila di lapangan apel Kesatrian Marinir Soetedi Senaputra Karangpilang Surabaya, Sabtu (01/10/2022).

Peringatan hari kesaktian Pancasila ini untuk mengenang tujuh Prajurit Terbaik Tentara Nasional Indonesia yang gugur pada peristiwa G30SPKI pada 30 September 1965 di Lubang Buaya Pondok Gede Jakarta Timur atas gerakan-gerakan yang berusaha menghancurkan dasar ideologi NKRI yaitu Pancasila.

Pada kesempatan ini Komandan Menbanpur 2 Mar kolonel Marinir Firman Gunawan memimpin secara langsung seluruh prajurit dan PNS yang ada di Kesatrian Marinir Soetedi Senaputra memperingati hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 dengan membacakan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim yang mengusung tema Bangkit Bergerak Bersama Pancasila.

Lebih lanjut Danmenbanpur 2 Mar mengatakan bahwa upacara Hari Kesaktian Pancasila, bertujuan untuk mengenang para Pahlawan Revolusi dan mengingatkan kepada seluruh prajurit Menbanpur 2 Mar terkait ideologi Pancasila yang tidak dapat digantikan oleh paham apapun.

Adapun susunan upacara diantaranya pembacaan UUD 1945, Pembacaan teks Pancasila oleh Irup dan ditirukan seluruh peserta upacara serta pembacaan Naskah Ikrar. Dalam Ikrar disebutkan Hari Kesaktian Pancasila kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI.

 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 25 November 2022
Sambangi Cianjur, Panglima TNI Evaluasi Kekuatan Pasukan di Lokasi Gempa
Jum`at, 25 November 2022
Panglima TNI Tinjau Lokasi Gempa Cianjur Kirim Bantuan dan Bawa 8 Ribu Paket Makanan
Selasa, 8 November 2022
Panglima TNI cek alutsista pengamanan KTT G20
Rabu, 3 Agustus 2022
Dibuka Panglima TNI, Latma Super Garuda Shield Diikuti 14 Negara
Senin, 25 Juli 2022
Kunjungi Mabes TNI, Panglima Militer AS Sebut Indonesia Negara Penting dan Mitra Kerja Sama yang Baik