c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

KRI REM-331 Laksanakan Passex Bersama Kapal Perang Amerika Serikat

Senin, 3 Oktober 2022 13:30:33 - Oleh : admin - Dibaca : 628 kali

KRI REM-331 Laksanakan Passex Bersama Kapal Perang Amerika Serikat

Kapal perang Republik Indonesia (KRI) Raden Eddy Martadinata-331 (REM-331) dari Satuan Kapal Eskorta Koarmada II, melaksanakan Passing Exercise atau Latihan Passing bersama kapal perang Amerika Serikat, USS Charleston (LCS 18), yang digelar di Perairan Selat Lombok, Sabtu (2/10).

Passing Exercise (Passex) adalah latihan yang dilakukan antara dua angkatan laut ketika kapal perang salah satu negara melewati wilayah laut dari salah satu kedua negara tersebut. Dengan kata lain, Passex memiliki tujuan untuk melatih kerja sama antara dua angkatan laut.

Sementara itu Komandan KRI REM-331 Kolonel Laut (P) Nopriadi mengungkapkan bila Latihan Passex yang dilaksanakan oleh prajuritnya merupakan himbauan dari Pangkoarmada II Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat terkait implementasi dari program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono di bidang Pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasi, yang bersinergi dan mempunyai interoperabilitas tinggi.

Untuk skenario latihan, diawali dengan pertemuan antara kedua kapal perang pada titik yang disepakati, selanjutnya KRI REM-331 melaksanakan Comms check dilanjutkan serial Flashex.  Pelaksanaan serial Flashex berjalan dengan baik dimana KRI REM-331 dan USS Charleston berhasil membaca isyarat berita. Selanjutnya dilaksanakan RAS Approach (RASAP) yang dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama oleh KRI REM-331 yang melaksanakan pendekatan di lambung kanan USS Charleston, kemudian dilanjutkan USS Charleston melaksanakan pendekatan ke KRI REM-331 di lambung kiri.

Dan bagian akhir dari Latihan Passex antara TNI AL bersama US Navy ini dengan melaksanakan Farewell Pass, Komandan KRI REM-331 memberikan Farewell speech kepada USS Charleston, dan USS Charleston pun melanjutkan perjalanan kembali ke pangkalannya.

 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 25 November 2022
Sambangi Cianjur, Panglima TNI Evaluasi Kekuatan Pasukan di Lokasi Gempa
Jum`at, 25 November 2022
Panglima TNI Tinjau Lokasi Gempa Cianjur Kirim Bantuan dan Bawa 8 Ribu Paket Makanan
Selasa, 8 November 2022
Panglima TNI cek alutsista pengamanan KTT G20
Rabu, 3 Agustus 2022
Dibuka Panglima TNI, Latma Super Garuda Shield Diikuti 14 Negara
Senin, 25 Juli 2022
Kunjungi Mabes TNI, Panglima Militer AS Sebut Indonesia Negara Penting dan Mitra Kerja Sama yang Baik