c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Atasi Kebutuhan Air Bersih Siswa Diktukba Marinir Praktek Water Purification System

Jum`at, 28 Oktober 2022 13:33:06 - Oleh : admin - Dibaca : 118 kali

Atasi Kebutuhan Air Bersih Siswa Diktukba Marinir Praktek Water Purification System

Dalam rangka menindaklanjuti Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang pembangunan Sumber Daya Manusia unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman. Siswa Diktukba LIII Pusdikbanpur Korps Marinir melaksanakan Lattek materi Water Purification System yaitu alat yang berfungsi untuk memurnikan air sehingga bebas dari kotoran dan partikel berbahaya, bertempat di Batalyon Zeni 2 Marinir Karangpilang Surabaya , Jum'at                  (28/10/2022).

Air merupakan sumber daya alam yang sangat penting dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup. Air bersih adalah salah satu jenis sumber daya berbasis air yang bermutu baik dan bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk dikonsumsi atau digunakan dalam melakukan aktifitas sehari hari. Kebutuhan air untuk manusia pastinya harus diperhatikan kebersihannya apalagi air tersebut untuk dikonsumsi.Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit pada manusia khusus nya para prajurit yang sedang melaksanakan tugas perang maupun tugas selain perang.

Pada kesempatan ini Instruktur dari Yonzeni 2 Mar adalah Serda Mar Basafa selaku pemberi materi pada Lattek Siswa Diktukba LII Pusdikbanpur Korps Marinir, dengan penuh antusias para siswa menerima materi yang disampaikan dan sekaligus mempraktekkan langsung pengoperasian Water Purification System.

Instruktur juga menyampaikan biasanya manusia mengkonsumsi air yang dimasak, air tersebut berasal dari sumur, kali, maupun air hujan. Padahal air yang sudah dimasak belum tentu terhindar dari bakteri. Oleh karena itu perlu dilakukan pemurnian air dengan menggunakan alat Water Purification System. Pemurnian air adalah suatu upaya dan proses untuk memusnahkan bakteri, partikel, bahanj kimia, kontaminasi biologis dari air tersebut, Sehingga layak untuk dikonsumsi.

Seperti diterangkan diatas kebutuhan air bersih merupakan skala prioritas apalagi di daerah yang terjadi bencana / tempat pengungsian. Tugas yang di emban oleh satuan Zeni tersebut diantaranya menyiapkan kebutuhan air bersih. Hal tersebut menuntut profesionalitas tinggi dari seluruh prajurit Zeni. Dengan penyampaian materi tersebut diharap kan para Siswa Diktukba LII kejuruan Zeni mampu mengoperasikan Alat Water Purification Syistem.

Komandan Batalyon Zeni 2 Marinir (Danyonzeni 2 Mar) Letkol Mar Eko Puji S , M.M, S.H, M.Tr.Opsla., turut memberikan semangat dan motifasi kepada para Siswa Diktukba Pusdikbanpur Korps Marinir. Komandan juga berpesan untuk terus membina kemampuan profesionalisme keprajuritan yang sesuai dengan tuntunan tugas yang dihadapi, dengan bebagai upaya tersebut itu maka keberadaan prajurit Zeni semakin mantap dan solid dalam mendukung tugas TNI, bangsa dan negara.

 

 

 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Selasa, 20 Desember 2022
Presiden Jokowi Lantik Yudo Margono sebagai Panglima TNI
Jum`at, 2 Desember 2022
Panglima TNI Bersama KSAL Lepas Satgas MTF TNI Konga 28 N ke Lebanon
Jum`at, 25 November 2022
Sambangi Cianjur, Panglima TNI Evaluasi Kekuatan Pasukan di Lokasi Gempa
Jum`at, 25 November 2022
Panglima TNI Tinjau Lokasi Gempa Cianjur Kirim Bantuan dan Bawa 8 Ribu Paket Makanan
Selasa, 8 November 2022
Panglima TNI cek alutsista pengamanan KTT G20