c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Pangkoarmada III Pimpin Apel Gelar Pasukan Latihan Pengamanan Objek Vital Nasional Strategis

Kamis, 17 November 2022 13:39:09 - Oleh : admin - Dibaca : 209 kali

Pangkoarmada III Pimpin Apel Gelar Pasukan Latihan Pengamanan Objek Vital Nasional Strategis

Pengamanan objek vital Nasional bukan saja tanggung jawab Kepolisian Republik Indonesia, tetapi sesuai dengan Undang-Undang RI No 34 Tahun 2004, TNI mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk menjaga keamanan obyek vital Nasional, demikian dikatakan Panglima Koarmada/ Pangkoarmada  III  Laksamana Muda TNI Irvansyah S.H., CHRMP., M. Tr.Opsla, dalam sambutannya pada Apel Gelar Pasukan Latihan Operasi Pamobvitnas TA. 2022 di wilayah Koarmada III, bertempat di Dermaga Mako Koarmada III, Katapop Kabupaten Sorong Papua Barat. Kamis (17/11/22).

Untuk itu dikatakan Pangkoarmada III, dengan kegiatan latihan yang dilaksanakan, akan mampu meningkatkan kemampuan, keterampilan, kesiapsiagaan personel dan Alutsista Koarmada III, pada tugas pengamanan objek vital nasional strategis di wilayah kerja Koarmada III, sehingga dapat menunjang pelaksanaan tugas pokok guna menghadapi tantangan tugas yang di berikan oleh Komando Atas.

Pada kesempatan tersebut Pangkoarmada III menegaskan, bahwa keberhasilan dalam  kegiatan  latihan ini akan sangat menentukan hasil operasi yang akan dilaksanakan,  mengingat  materi yang akan dilatihkan pada dasarnya adalah kegiatan yang akan kita laksanakan dalam kondisi yang sebenarnya. 

Oleh karenanya,  kepada seluruh prajurit agar mengikuti  latihan  ini  dengan serius dan penuh rasa tanggung jawab, sehingga para prajurit memiliki  kesiapan  yang memadai sebagai bekal dalam melaksanakan tugas Operasi Pengamanan Objek Vital Nasional di wilayah kerja Kormada III, jelas Pangkoarmada III.

Lebih lanjut Pangkoarmada III menyampaikan,  kegiatan latihan ini sejalan dengan Perintah Harian dan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, dalam membangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman, dan diharapkan kepada  kepada panitia dan peserta latihan agar melaksanakan latihan tersebut sesuai dengan rencana, dengan mengutamakan Zero Accident.

Adapun lokasi latihan pengamanan obyek vital nasional strategis tersebut dilaksanakan di area PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit VII Kasim Sorong yang berada di Selatan Mako Koarmada III Katapop, sedangkan prajurit yang terlibat latihan sejumlah 433 orang dengan melibatkan Prajurit Koarmada III, Guskamla Koarmada III, Lantamal XIV Sorong, Prajurit Satkopaska Koarmada III serta melibatkan 4 unsur KRI yaitu KRI Teluk Weda-526, KRI Tatihu-853, KRI Layaran-854 dan KRI Albakora-867 serta unsur Pesud CN-235 sebagai unsur surveillance.

Hadir pada saat Apel Gelar Pasukan Latihan Operasi Pamobvitnas, yaitu Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Rudhi Aviantara IH, S.E.,M. S.i., M.Tr (Han) CHRMP, Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmada III Laksamana Pertama TNI Tunggul, Pejabat Utama, Komandan Satuan Koarmada III, dan Perwakilan dari Polres Kab Sorong dan KSOP Sorong.

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Selasa, 20 Desember 2022
Presiden Jokowi Lantik Yudo Margono sebagai Panglima TNI
Jum`at, 2 Desember 2022
Panglima TNI Bersama KSAL Lepas Satgas MTF TNI Konga 28 N ke Lebanon
Jum`at, 25 November 2022
Sambangi Cianjur, Panglima TNI Evaluasi Kekuatan Pasukan di Lokasi Gempa
Jum`at, 25 November 2022
Panglima TNI Tinjau Lokasi Gempa Cianjur Kirim Bantuan dan Bawa 8 Ribu Paket Makanan
Selasa, 8 November 2022
Panglima TNI cek alutsista pengamanan KTT G20