c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Taruna AAL Latihan Pemeriksaan dan Penggeledahan Kapal Saat Lattek Jalayudha

Jum`at, 25 November 2022 08:38:46 - Oleh : admin - Dibaca : 247 kali

Taruna AAL Latihan Pemeriksaan dan Penggeledahan Kapal Saat Lattek Jalayudha

Sebanyak 88 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat IV angkatan ke-68 yang sedang melaksanakan Lattek Jalayudha dan onboard di KAL Kadet VIII - 06 melaksanakan latihan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap Kapal TB Sandia 3/TK Indo Ocean Marine VII di Alur Pelayaran Timur Surabaya (APTS), Kamis (24/11).

Komandan KAL Kadet VIII - 06 Mayor Laut (P) Mahmud Ridho Ardhi mengatakan bahwa saat ini KAL Kadet - 06 sedang melaksanakan pelayaran dalam rangka mendukung Lattek Jalayudha Taruna AAL tingkat IV Angkatan ke-68. Saat melaksanakan lintas laut dari Surabaya menuju daerah latihan, tepatnya di APTS berpapasan dengan TB Sandia 3/TK Indo Ocean Marine VII, karena diduga mencurigakan sehingga dilaksanakan peran tempur bahaya permukaan.

Setelah dilaksanakan komunikasi via radio, dengan kapal tersebut, KAL Kadet VIII - 06 melaksanakan peran pemeriksaan dan penggeledahan dilanjutkan dengan peran sekoci. Komandan KAL Kadet VIII - 06 kemudian mengirimkan Tim Pemeriksa yang terdiri dari ABK dan Taruna AAL menuju ke kapal tersebut yang saat ini sedang berlayar dari Poso menuju Surabaya.

Setelah dilaksanakan pemeriksaan terhadap ABK beserta dokumen kelengkapan pelayaran kapal yang di Nahkodai oleh Bapak Nurjaya tersebut tidak ditemukan adanya pelanggaran sehingga kapal diijinkan untuk melanjutkan pelayaran.

Komandan KAL Kadet VIII-06 menginstruksikan kepada Tim Pemeriksa dan Taruna AAL untuk melaksanakan peran polisionil dan harus mengedepankan azas praduga tidak bersalah agar membawa manfaat bagi para pelaku usaha di bidang pelayaran sehingga memberikan rasa aman bagi para pengguna laut sesuai instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal)  Laksamana TNI Yudo Margono.

Kegiatan ini merupakan kesempatan bagi Taruna AAL untuk menambah pengetahuan dan wawasan serta mengimplementasikan ilmu bidang penegakan hukum di laut yang nantinya akan mendukung program Akademi Angkatan Laut untuk mencetak perwira perwira TNI AL yang handal dan profesional serta siap pakai dikedinasan nantinya.

 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Selasa, 20 Desember 2022
Presiden Jokowi Lantik Yudo Margono sebagai Panglima TNI
Jum`at, 2 Desember 2022
Panglima TNI Bersama KSAL Lepas Satgas MTF TNI Konga 28 N ke Lebanon
Jum`at, 25 November 2022
Sambangi Cianjur, Panglima TNI Evaluasi Kekuatan Pasukan di Lokasi Gempa
Jum`at, 25 November 2022
Panglima TNI Tinjau Lokasi Gempa Cianjur Kirim Bantuan dan Bawa 8 Ribu Paket Makanan
Selasa, 8 November 2022
Panglima TNI cek alutsista pengamanan KTT G20